Find Us On Social Media :

Hari Ini 22 Tahun Yang Lalu, Sosok Ini Mencatatkan Sejarah, Jadi Wanita Pertama Yang Menjabat Sebagai Presiden Indonesia

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 23 Juli 2023 | 06:17 WIB

23 Juli 2001, Megawati Soekarnoputri menjadi perempuan pertama yang menjadi presiden Indoesia. Dia menggantikan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang dilengserkan.

23 Juli 2001, Megawati Soekarnoputri menjadi perempuan pertama yang menjadi presiden Indoesia. Dia menggantikan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang dilengserkan.

Intisari-Online.com - 23 Juli 2001, tepat 22 tahun yang lalu, Megawati Soekarnoputri membuat sejarah.

Untuk pertama kalinya, putri Bung Karno Sang Proklamator, menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai presiden Indonesia.

Bahkan hingga saat ini, belum ada seorang wanita lagi yang naik menjadi orang nomor satu di negara kepulauan terbesar di dunia ini.

Pada 23 Juli 2001, Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri dilantik sebagai Presiden Indonesia, menggantikan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Pelantikan itu tepat pada hari Senin.

Meski begitu, pelantikan itu tak disambut dengan penuh suka cita oleh pendukungnya.

"Kemenangan Mega Disambut Tenang" begitu judul yang dibuat Harian Kompas pada 24 Juli 2001.

Di kantor DPP PDI-P di Pecenongan, Jakarta, tak ada kegiatan mencolok.

Hanya ada sekitar 30 satuan tugas (satgas) yang mengamankan kantor mereka.

"Tidak ada perintah khusus berkaitan dengan pelantikan Ibu Mega. Setiap warga PDI-P hanya diminta untuk menjaga lingkungan masing-masing," kata Richard GE Tulis, Ketua DPD PDI-P Jakarta Pusat yang sedang mengoordinasikan para anggota satgas kala itu.

Yang lebih penting adalah mencegah supaya tidak terjadi kericuhan akibat pancingan pihak yang tidak bertanggung jawab.