Find Us On Social Media :

Titik Mana yang Digunakan Sebagai Garis Waktu 00.00? Ini Penjelasannya

By Ade S, Rabu, 19 Juli 2023 | 09:03 WIB

Ilustrasi waktu. Titik mana yang digunakan sebagai garis waktu 00.00?

Intisari-Online.com - Perbedaan waktu dapat menimbulkan berbagai dampak bagi masyarakat, terutama dalam hal komunikasi, bisnis, pendidikan, dan kesehatan.

Oleh karena itu, perlu adanya suatu standar waktu yang dapat digunakan sebagai acuan bagi seluruh dunia.

Lalu, titik mana yang digunakan sebagai garis waktu 00.00? Bagaimana cara menentukan garis waktu ini? Dan apa saja dampaknya bagi masyarakat Indonesia?

Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Mengapa dapat terjadi perbedaan waktu?

Perbedaan waktu terjadi akibat rotasi bumi yang berputar dari barat ke timur selama 24 jam. Bumi memiliki bentuk bulat yang terbagi menjadi 360 derajat bujur.

Setiap 15 derajat bujur setara dengan satu jam perbedaan waktu. Artinya, setiap kali bumi berputar sebesar 15 derajat, maka waktu di suatu tempat akan berubah sebesar satu jam.

Misalnya, jika di Jakarta menunjukkan pukul 12.00 siang, maka di London yang berada di bujur 0 derajat akan menunjukkan pukul 05.00 pagi

Ini karena Jakarta berada di bujur 105 derajat timur, sedangkan London berada di bujur 0 derajat atau garis meridian utama. Jadi, ada perbedaan waktu sebesar tujuh jam antara Jakarta dan London.

Perbedaan waktu ini juga berlaku untuk tempat-tempat yang berada di belahan bumi yang sama.

Misalnya, jika di Jakarta menunjukkan pukul 12.00 siang, maka di Jayapura yang berada di bujur 140 derajat timur akan menunjukkan pukul 14.00 siang.

Baca Juga: Mengapa Dapat Terjadi Perbedaan Waktu? Ini Penjelasan Singkatnya