Find Us On Social Media :

Apa Itu NII KW 9, Gerakan Bawah Tanah yang Dikaitkan Dengan Sosok Panji Gumilang

By Afif Khoirul M, Minggu, 2 Juli 2023 | 09:55 WIB

Sosok Panji Gumilang dikaitkan dengan gerakan NII.

Intisari-online.com - NII KW 9 adalah salah satu kelompok yang mengklaim sebagai penerus dari Negara Islam Indonesia (NII) atau Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII).

Merupakan sebuah gerakan separatis yang berusaha mendirikan negara Islam di Indonesia pada tahun 1949-1962.

NII KW 9 dipimpin oleh Abu Toto, yang lebih dikenal dengan nama samaran Panji Gumilang, seorang pendiri dan pemimpin dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat.

Ponpes Al Zaytun adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1990 dan memiliki luas lahan sekitar 1.400 hektar.

Ponpes ini menawarkan pendidikan formal dan nonformal, serta berbagai fasilitas seperti masjid, perpustakaan, museum, lapangan olahraga, dan lain-lain.

Ponpes ini juga dikenal sebagai salah satu ponpes terbesar dan termodern di Indonesia.

Namun, di balik kemegahan dan prestasinya, Ponpes Al Zaytun dan Panji Gumilang sering dituduh menyebarkan ajaran sesat dan terafiliasi dengan NII KW 9.

Tuduhan ini didasarkan pada beberapa hal, antara lain:

1. Adanya bukti-bukti seperti dokumen, video, dan kesaksian dari mantan anggota atau santri yang mengungkapkan adanya praktik kaderisasi, indoktrinasi, dan pengumpulan dana untuk tujuan mendirikan NII.

2. Adanya temuan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun 2022 yang menunjukkan bahwa Ponpes Al Zaytun terindikasi atau terafiliasi dengan gerakan NII.

3. Adanya pernyataan dari Kasubdit Kontra Radikal Densus 88 Anti Teror Polri, AKBP Budi Novijanto, yang menyebut bahwa Panji Gumilang adalah pimpinan NII KW 9 dan berpotensi membahayakan kedaulatan NKRI dengan cara menguasai wilayah.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Menempuh Hidup Baru Islami untuk Sosok Sahabat atau pun Kerabat