Find Us On Social Media :

Perbedaan Mata Pencaharian Masyarakat di Dataran Tinggi, Dataran Rendah, dan Daerah Pesisir

By Ade S, Kamis, 29 Juni 2023 | 09:03 WIB

Ilustrasi pekerjaan masyarakat Indonesia. Artikel ini membahas perbedaan mata pencaharian masyarakat di dataran tinggi, dataran rendah, dan daerah pesisir.

Intisari-Online.com - Salah satu faktor yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia adalah kondisi geografisnya.

Indonesia memiliki berbagai macam bentuk muka bumi, seperti dataran tinggi, dataran rendah, dan daerah pesisir.

Perbedaan mata pencaharian masyarakat di dataran tinggi, dataran rendah, dan daerah pesisir merupakan salah satu dampak dari perbedaan bentuk muka bumi tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang perbedaan mata pencaharian masyarakat di ketiga wilayah geografis tersebut.

Kita juga akan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pilihan mata pencaharian masyarakat di berbagai wilayah geografis.

Mata Pencaharian Masyarakat di Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah wilayah yang memiliki ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi memiliki iklim yang sejuk dan curah hujan yang tinggi.

Tanah di dataran tinggi juga subur dan cocok untuk ditanami berbagai macam tanaman perkebunan.

Oleh karena itu, mata pencaharian utama masyarakat di dataran tinggi adalah sebagai petani perkebunan.

Beberapa tanaman perkebunan yang biasa ditanam di dataran tinggi adalah kopi, teh, cengkih, tembakau, kentang, wortel, dan lain-lain.

Selain itu, masyarakat di dataran tinggi juga bermata pencaharian sebagai pedagang, peternak, pekerja pertambangan, pekerja perhutanan, dan pekerja pariwisata.

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi Proyek 'Pencerah' di Pakistan, Jebakan Utang China Malah Diprotes Ribuan Warga Desa Ini Setelah Banyak Penduduk Kehilangan Mata Pencaharian