Find Us On Social Media :

Apakah Alasan Jepang Menyerang Indonesia? Ini Penjelasan Lengkapnya

By Ade S, Rabu, 28 Juni 2023 | 10:03 WIB

Ilustrasi penjajahan Jepang di Indonesia. Apakah alasan Jepang menyerang Indonesia?

Intisari-Online.com - Sejarah Indonesia tidak lepas dari pengaruh penjajahan asing. Salah satu penjajah yang pernah menguasai Indonesia adalah Jepang.

Jepang datang ke Indonesia pada tahun 1942 setelah berhasil mengalahkan Belanda dan Sekutu dalam Perang Pasifik.

Namun, apakah alasan Jepang menyerang Indonesia? Apa yang mereka inginkan dari negeri ini? Bagaimana sikap rakyat Indonesia terhadap kedatangan Jepang? Dan apa saja warisan yang ditinggalkan oleh Jepang di Indonesia?

Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengulas secara lengkap sejarah penjajahan Jepang di Indonesia.

Pertanyaan: Apakah alasan Jepang menyerang Indonesia?

Jawaban: Alasan Jepang menyerang Indonesia adalah karena ingin menguasai sumber daya alam yang ada di Indonesia, terutama minyak bumi. Jepang membutuhkan minyak bumi untuk mendukung industri perangnya yang sedang berkonflik dengan Amerika Serikat dan Sekutu.

Selain itu, Jepang juga ingin menegakkan hegemoni politik dan ekonomi di Asia Timur dan Asia Tenggara dengan mengklaim dirinya sebagai saudara tua bangsa Asia.

Pertanyaan: Mengapa pada awalnya sebagian rakyat Indonesia menyambut gembira kedatangan Jepang?

Jawaban: Pada awalnya sebagian rakyat Indonesia menyambut gembira kedatangan Jepang karena mereka mengharapkan perubahan yang lebih baik dari penjajahan Belanda.

Rakyat Indonesia merasa bahwa Belanda telah menindas mereka secara ekonomi, politik, sosial, dan budaya selama lebih dari tiga abad. Mereka juga berpikir bahwa Jepang sebagai bangsa Asia akan lebih menghormati dan memperlakukan mereka sebagai saudara.

Selain itu, propaganda-propaganda yang disebarkan oleh Jepang juga membuat rakyat Indonesia percaya bahwa Jepang datang untuk membantu mereka meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Identifikasikanlah Berbagai Alasan Jepang Melakukan Ekspansi ke Wilayah Asia Timur Raya