Find Us On Social Media :

Peristiwa 21 Juni 1970, Hari Kematian Soekarno yang Membuat Dunia Terkejut

By Afif Khoirul M, Rabu, 21 Juni 2023 | 17:15 WIB

Tanggal 21 Juni 1970, merupakan tanggal kematian Presiden pertama Indonesia.

Intisari-online.com - Pada tanggal 21 Juni 1970, Indonesia kehilangan salah satu tokoh terbesarnya, yaitu Soekarno, presiden pertama dan proklamator kemerdekaan.

Soekarno meninggal dunia di Jakarta setelah menderita sakit selama beberapa tahun.

Ia wafat dalam usia 69 tahun, di bawah tahanan rumah oleh rezim Orde Baru yang menggulingkannya pada tahun 1966.

Soekarno adalah pemimpin pergerakan nasionalis Indonesia yang berjuang melawan penjajahan Belanda sejak tahun 1920-an.

Ia mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun 1927 dan menjadi salah satu anggota pendiri Persatuan Perjuangan (PP) pada tahun 1939.

Beliau juga menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang menyusun dasar-dasar negara Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, bersama dengan Mohammad Hatta, Soekarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

Ia kemudian menjadi presiden pertama Republik Indonesia dan memimpin perjuangan melawan agresi militer Belanda hingga pengakuan kedaulatan pada tahun 1949.

Soekarno dikenal sebagai orator ulung yang mampu membangkitkan semangat rakyat Indonesia dengan pidato-pidatonya yang berapi-api.

Ia juga dikenal sebagai pencetus berbagai gagasan dan konsep politik, seperti Pancasila, Nasakom, Marhaenisme, Trisakti, Manipol-Usdek, dan Demokrasi Terpimpin.

Di kancah internasional, Soekarno adalah salah satu pendiri Gerakan Non-Blok yang menentang imperialisme dan kolonialisme.

Baca Juga: Belum Terlambat, Ini 20 Ucapan Selamat Ulang Tahun Jokowi yang Akan Sosok Presiden Tersebut Tersenyum