Find Us On Social Media :

Inilah Dasarata, Sosok Raja Ayodya yang Memiliki 350 Istri, Tapi Malah Nyaris Tak Punya Anak Lak-laki?

By Ade S, Minggu, 18 Juni 2023 | 20:03 WIB

Penggambaran Dasarata, Sosok Raja Ayodya

Intisari-Online.com - Dasarata adalah tokoh dari wiracarita Ramayana, seorang raja putera Aja, keturunan Ikswaku dan berada dalam golongan Raghuwangsa atau Dinasti Surya.

Ia adalah ayah Sri Rama dan memerintah di Kerajaan Kosala dengan pusat pemerintahannya di Ayodhya. Ramayana mendeskripsikannya sebagai seorang raja besar lagi pemurah.

Namun, di balik kejayaan dan kekayaannya, Dasarata memiliki masalah besar dalam urusan keturunan. Ia memiliki 350 istri, namun justru dikisahkan sulit memiliki anak laki-laki untuk menjadi penerus takhtanya.

Bagaimana kisah hidup Dasarata yang penuh liku-liku? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Reinkarnasi putra dari dewa pencipta

Raja Dasarata atau Dasharatha adalah raja dari Kerajaan Kosala dan keturunan dari dinasti Suryavamsha dalam agama Hindu.

Ia memerintah dari ibu kotanya di Ayodhyā. Sebuah nama yang kelak membuat Kerajaan Kosala kadang disebut juga dengan Kerajaan Ayodhya atau Ayodya

Dasarata memiliki tiga permaisuri utama: Kausalya, Kaikeyi, dan Sumitra. Dari pernikahan tersebut, lahir Shanta, Rama, Bharata, Lakshmana, dan Shatrughna.

Dasarata diyakini sebagai reinkarnasi dari Svayambhuva Manu, putra dari dewa pencipta dalam agama Hindu, Brahma. Ia adalah putra dari Raja Aja dari Kosala dan Indumati dari Vidarbha.

Nama aslinya adalah Nemi, tetapi ia mendapat julukan Dasarata ('sepuluh kereta') karena keretanya bisa bergerak ke sepuluh arah, terbang, dan kembali ke bumi. Ia juga bisa bertempur dengan mudah di semua arah tersebut.

Sang raja menjadi penguasa Kosala setelah ayahnya meninggal.

Baca Juga: Kenapa Mayor Alfredo Jadi Buronan? Simak Kisah Sosok Pemberontak Sekaligus Pahlawan Timor Leste Ini