Find Us On Social Media :

Kenapa Mayor Alfredo Jadi Buronan? Simak Kisah Sosok Pemberontak Sekaligus Pahlawan Timor Leste Ini

By Ade S, Kamis, 15 Juni 2023 | 09:03 WIB

Kenapa Mayor Alfredo jadi buronan? Apa sebenarnya motif dan tujuan dia dalam melakukan pemberontakan? Simak penjelasannya berikut ini.

Intisari-Online.com - Pada tahun 2006, sebuah krisis politik dan militer meletus di Timor Leste, yang menimbulkan kekerasan dan kematian di antara warga sipil dan tentara.

Di tengah-tengah krisis tersebut, muncul sosok yang kontroversial dan karismatik, yaitu Mayor Alfredo Alves Reinado yang kemudian sempat menjadi buronan.

Lalu, kenapa Mayor Alfredo jadi buronan? Apa sebenarnya motif dan tujuan dia dalam melakukan pemberontakan?

Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang kehidupan dan kematian Mayor Alfredo, yang bagi sebagian orang adalah seorang pemberontak yang membahayakan keamanan dan kedaulatan Timor Leste, dan bagi sebagian lainnya adalah seorang pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan hak-hak rakyatnya.

Kenapa Mayor Alfredo Jadi Buronan?

Mayor Alfredo Alves Reinado adalah seorang mantan perwira militer Timor Leste yang menjadi buronan pemerintah negara itu sejak tahun 2006.

Ia dituduh sebagai dalang kerusuhan krisis di Timor Leste yang menewaskan puluhan orang dan mengancam stabilitas negara yang baru merdeka pada tahun 2002.

Namun, apa sebenarnya motif dan tujuan Mayor Alfredo dalam melakukan pemberontakan?

Latar Belakang Konflik

Mayor Alfredo lahir di Dili pada tahun 1967 dan bergabung dengan gerakan perlawanan terhadap pendudukan Indonesia di Timor Timur pada tahun 1986.

Baca Juga: Jadi Buronan Timor Leste, Sosok Ini Bocorkan Ada Paham Komunis di Timor Leste, Bahkan Jadi Alasan Amerika Dukung Penuh Militer Indonesia Gempur Bumi Lorosae