Find Us On Social Media :

Sosok Ali Taher, Orang Palestina yang Turut Andil dalam Kemerdekaan Indonesia

By Afif Khoirul M, Rabu, 14 Juni 2023 | 16:20 WIB

Ali Taher sosok orang Palestina yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia.

Intisari-online.com - Indonesia dan Palestina memiliki ikatan yang kuat dan saling mendukung sejak masa perjuangan kemerdekaan.

Salah satu tokoh Palestina yang berperan bagi Indonesia adalah Muhammad Ali Taher, seorang raja media dan saudagar kaya yang tidak ragu-ragu membantu perjuangan Indonesia.

Muhammad Ali Taher lahir pada tahun 1896 di Nablus, kota di Tepi Barat (West Bank) bagian utara, sekitar 49 kilometer utara Yerusalem, Palestina.

Nablus, pada 72 M oleh kaisar Romawi Vespasianus dikenal dengan Flavia Neapolis, merupakan pusat perdagangan dan budaya Palestina. Ayah Muhammad Ali Taher bernama Aref Eltaher dan ibunya Badieh Kurdieh.

Muhammad Ali Taher merupakan salah satu dari tujuh bersaudara -tiga perempuan dan empat laki-laki. Keluarganya berasal dari marga Jaradat, yang tersebar di seluruh Palestina bagian utara.

Termasuk keturunan Juhayna, salah satu marga terkenal di Arab Saudi.

Muhammad Ali Taher pindah ke Mesir pada Maret 1912, pertama kali tiba di Port Said sebelum menetap di Kairo.

Memulai karier sebagai jurnalis di surat kabar Fata Al Arab yang berbasis di Beirut.

Dia pernah menulis artikel yang memperingatkan niat gerakan Zionis untuk membangun negara Yahudi di Palestina.

Muhammad Ali Taher kemudian menerbitkan surat kabar miliknya sendiri dan semasa hidupnya punya tiga surat kabar, yaitu Ashoura, Al-Shabab, dan Al-Alam Al-Masri.

Muhammad Ali Taher adalah salah satu tokoh Palestina yang sangat mencintai Indonesia dan dekat dengan para pemuda pejuang Indonesia di Timur Tengah.

Baca Juga: Kisah Pangeran Samber Nyowo, Pendiri Mangkunegaran yang Berasal dari Pemberontakan Mataram Islam