Find Us On Social Media :

Rendang Diperebutkan Indonesia, Malaysia, dan India: Siapa yang Benar?

By Yoyok Prima Maulana, Selasa, 13 Juni 2023 | 12:02 WIB

Rendang berasal dari Indonesia, malaysia, atau justru India?

Intisari-online.com - Beberapa waktu lalu Malaysia mengklaim bahwa rendang berasal dari Negeri Jiran alias warisan budaya nasional  mereka.

Ada juga orang yang menyatakan bahwa rendang sebetulnya berasal dari India.

Lantas mana yang benar?

Asal usul rendang dapat ditelusuri kembali ke hubungan pedagang India dengan Sumatera Barat sebelum abad ke-15.

Ada arsip Belanda tentang Minangkabau yang menyatakan kontak reguler antara India dan Sumatera Barat pada awal milenium kedua, sehingga menunjukkan bahwa kari India utara kemungkinan merupakan pendahulu rendang.

Salah satu catatan tertulis tertua tentang rendang adalah dari naskah Melayu Malaka Hikayat Amir Hamzah, yang ditulis pada abad ke-16.

Dalam naskah tersebut, disebutkan bahwa Amir Hamzah menyantap hidangan daging sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah selama perjalanannya ke Minangkabau.

Rendang berasal dari daerah Minangkabau di Sumatera Barat dan penyebaran pembuatan rendang meluas dari dataran tinggi Minangkabau ke Mandailing, Riau, Jambi, melintasi selat ke Malaka dan Negeri Sembilan, menghasilkan berbagai tradisi rendang.

Rendang juga dipengaruhi oleh masakan India, Arab, dan Melayu seiring dengan perkembangan perdagangan maritim di kawasan tersebut.

Rendang memiliki berbagai variasi tergantung pada daerah asalnya. Ada rendang Padang, rendang Palembang, rendang Jambi, rendang Negeri Sembilan, rendang Pahang, rendang Maranao, dan lain-lain.

Setiap variasi memiliki ciri khas tersendiri dalam hal bahan, bumbu, warna, tekstur, dan rasa.

Secara umum, ada tiga jenis rendang berdasarkan tingkat kekeringannya: rendang basah (kalio), rendang setengah kering (rendang), dan rendang kering (kerisik).