Find Us On Social Media :

3 Contoh Teks Pidato Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Sesuai Tema

By Ade S, Rabu, 31 Mei 2023 | 13:03 WIB

Logo dan tema Hari Lahir Pancasila 2023. Berikut ini 3 contoh teks pidato Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Intisari-Online.com - Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yang lahir pada tanggal 1 Juni 1945.

Menjelang Hari Lahir Pancasila banyak pihak yang sibuk menyiapkan pidato yang akan dibacakan saat upacara 1 Juni 2023 besok.

Untuk mempermudah proses pembuatan teks pidato Anda, berikut ini kami sajikan 3 contoh teks pidato Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Seperti diketahui, tema untuk peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Contoh Teks Pidato 1: Gotong Royong sebagai Nilai Budaya dan Strategi Pembangunan Berkelanjutan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu/Saudara/i yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yang lahir dari perjuangan dan pengorbanan para pendiri bangsa. Pancasila mengandung lima sila yang saling berkaitan dan menyatu, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah gotong royong. Gotong royong adalah sikap dan perilaku saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Gotong royong merupakan warisan budaya nenek moyang kita yang telah terbukti mampu membangun peradaban dan pertumbuhan di berbagai bidang.

Baca Juga: 2 Contoh Pidato Singkat Sesuai dengan Amanat Hari Lahir Pancasila 2023