Find Us On Social Media :

Malaysia Kacau, Warga Berebut Air Mineral di Supermarket, Ini Pemicunya!

By Afif Khoirul M, Minggu, 21 Mei 2023 | 14:30 WIB

Warga Malaysia panic buying air mineral di supermarket.

Intisari-online.com - Sebuah kabar mengatakan, baru-baru ini warga Malaysia sedang berebut air mineral di supermarket Penang.

Hal itu ternyata benar adanya, disebabkan oleh kemarau panjang dan mulai menyusutnya air di wilayah itu.

Sungai Muda adalah sungai terpanjang di Kedah, Malaysia, yang menjadi sumber utama pasokan air bagi wilayah Penang dan sekitarnya.

Namun, sungai ini mengalami penurunan paras air yang drastis akibat kesalahan sistem dan musim kemarau yang panjang.

Hal ini berdampak pada gangguan suplai air di beberapa kawasan di Penang dan Kedah, yang memicu kekhawatiran kelangkaan air minum.

Menurut laporan dari World Resources Institute (WRI), Malaysia termasuk salah satu dari 17 negara yang menghadapi tekanan ketersediaan air ekstrem.

Sekitar 1,7 miliar orang di dunia hidup dalam kondisi kekurangan air yang berisiko menyebabkan konflik, ketidakstabilan politik, dan pengungsian massal.

Pada tanggal 14 Mei 2023, terjadi insiden yang diduga terjadi di hulu Sungai Muda, Kedah, yang menyebabkan paras air mentah di muka sauk Lahar Tiang turun di bawah 1 meter (m), padahal normalnya di atas 2 m.

Akibatnya, Perbadanan Bekalan Air Pulau Pinang (PBAPP) tidak dapat mengambil air mentah dari Sungai Muda untuk disalurkan ke Loji Rawatan Air Sungai Dua (LRA), yang merupakan loji terbesar dan terpenting di Penang.

PBAPP mencoba menyalurkan air dari Empangan Mengkuang sebagai tindakan darurat.

Namun produksinya terbatas hanya 300 juta liter per hari (JLH), yang tidak cukup untuk menutupi kekurangan dari Sungai Muda.

Baca Juga: Patok Batas Indonesia-Malaysia dari Masa Penjajahan Hingga Kemerdekaan