Find Us On Social Media :

Soeharto dan Dugaan Korupsi Yayasan PDI, Peristiwa Uang Rakyat Digunakan untuk Boikot Megawati

By Afif Khoirul M, Minggu, 21 Mei 2023 | 12:00 WIB

Presiden Soeharto (kiri) dan Megawati Soekarnoputri (kanan).

Intisari-online.com - Dalam sebuah laporan dikatkan bahwa Soeharto merupakan salah satu pemimpin yang paling korup di dunia.

Ia diduga telah menyelewengkan uang negara hingga puluhan miliar dolar AS selama 32 tahun berkuasa, dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah dengan mendirikan dan menguasai tujuh yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Yayasan Dana Mandiri (YDM) adalah salah satu yayasan yang didirikan oleh Soeharto pada 1993 dengan tujuan untuk membantu pembangunan nasional dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Namun, di balik fungsinya yang mulia, yayasan ini ternyata menjadi alat bagi Soeharto untuk mengalirkan uang negara ke kantong pribadi dan keluarganya, serta untuk membiayai kepentingan politiknya.

Salah satu contoh kasus korupsi yang melibatkan YDM adalah pengalihan dana reboisasi Departemen Kehutanan dan bantuan presiden senilai Rp 400 miliar antara tahun 1996 dan 1998.

Uang tersebut seharusnya digunakan untuk program penanaman pohon dan pelestarian lingkungan.

Namun malah diserahkan kepada YDM oleh Haryono Suyono, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Negara Kependudukan dan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta menjadi wakil ketua YDM.

Setelah uang tersebut masuk ke rekening YDM, ternyata tidak digunakan untuk kegiatan sosial seperti yang diklaim, melainkan di-depositokan ke dua bank milik Bambang Trihatmodjo, putra kedua Soeharto, yaitu Bank Alfa dan Bank Andromeda pada 1996-1997.

Bambang sendiri merupakan bendahara YDM yang juga memiliki saham di beberapa perusahaan Grup Nusamba milik Bob Hasan, sahabat karib Soeharto.

Lalu, apa hubungannya antara korupsi YDM dengan boikot terhadap Megawati Soekarnoputri?

Baca Juga: Sosok Soerjadi Mantan Ketua PDI yang Merekrut Megawati Soekarnoputri, Berawal dari Pizza Hut