Find Us On Social Media :

Sosok AR Baswedan, Kakek Anies yang Diangkat Sebagai Pahlawan Nasional oleh Jokowi

By Yoyok Prima Maulana, Jumat, 12 Mei 2023 | 21:05 WIB

AR Baswedan.

Intisri-online.com - AR Baswedan adalah singkatan dari Abdurrahman Baswedan, seorang pejuang kemerdekaan, diplomat, dan sastrawan Indonesia. Ia lahir di Surabaya, 9 September 1908.

Semasa hidupnya, AR Baswedan memang dikenal sebagai pejuang dan perancang taktik yang cerdik. Ia juga merupakan kakek dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta saat ini.

AR Baswedan berasal dari keturunan Arab yang sudah lama menetap di Indonesia. Ia menguasai bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Belanda dengan fasih.

AR Baswedanjuga mengenal budaya Jawa dan mengenakan blangkon sebagai simbol identitasnya.

Ia menyerukan kepada orang-orang keturunan Arab agar bersatu membantu perjuangan Indonesia dengan prinsip "di mana saya lahir, di situlah tanah airku".

Sebagai seorang jurnalis, AR Baswedan bekerja di berbagai surat kabar seperti Matahari, Sin Tit Po, dan Soeara Oemoem.

Ia menulis tentang isu-isu sosial, politik, dan kebudayaan dengan gaya yang tajam dan kritis. Ia juga mendirikann Partai Arab Indonesia (PAI) sebagai wadah perjuangan orang-orang Arab di Indonesia

Pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia, AR Baswedan berperan penting dalam berbagai bidang.

Ia menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPK) yang menyusun dasar negara Indonesia.

Ia juga menjadi Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir III.

Ia menjadi salah satu diplomat pertama Indonesia yang berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia dari Mesir.

AR Baswedan juga aktif dalam dunia legislatif dan konstituante. Ia menjadi anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), anggota Parlemen, dan anggota Dewan Konstituante.