Find Us On Social Media :

Perilaku Dukungan kepada Pemerintah Selesaikan Sengketa Batas Wilayah

By Ade S, Kamis, 4 Mei 2023 | 09:13 WIB

Peta Indonesia. Berikut ini contoh perilaku baik yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk memberi dukungan kepada pemerintah dalam menyelesaikan sengketa perbatasan.

Intisari-Online.com - Sengketa batas wilayah antara negara-negara seringkali menimbulkan ketegangan dan konflik yang berkepanjangan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberi dukungan kepada pemerintah yang sedang berusaha menyelesaikan sengketa batas wilayah secara diplomatis.

Dukungan ini dapat berupa perilaku baik yang menunjukkan sikap hormat, toleran, kooperatif, dan patriotik terhadap negara sendiri dan negara lain.

Artikel ini akan memberikan beberapa contoh perilaku baik yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam rangka memberi dukungan kepada pemerintah demi menyelesaikan sengketa batas wilayah.

Sengketa wilayah yang akrab dengan Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dan perbatasan dengan negara-negara tetangga.

Secara wilayah, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste di darat, serta dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Palau, India, Timor Leste, dan Australia di laut.

Kondisi geografis ini membuat Indonesia harus berhadapan dengan berbagai sengketa perbatasan yang bisa menimbulkan konflik dan kerugian bagi kedua belah pihak.

Sengketa perbatasan bisa berdampak negatif bagi hubungan bilateral antarnegara, stabilitas regional, keamanan nasional, kedaulatan teritorial, serta kesejahteraan dan hak-hak masyarakat perbatasan.

Baca Juga: Kesepakatan Patok Batas Wilayah Indonesia-Malaysia dari Masa Penjajahan hingga Kemerdekaan 

Oleh karena itu, sengketa perbatasan harus diselesaikan secara damai dan diplomatis melalui dialog dan negosiasi antarpemerintah