Find Us On Social Media :

Bagaimana Peran Serta Indonesia dalam Perdagangan Antarbangsa?

By Ade S, Rabu, 3 Mei 2023 | 09:13 WIB

Ilustrasi ekspor dan impor. Berikut ini penjelasan lengkap tentang bagaimana peran serta Indonesia dalam perdagangan antarbangsa.

Intisari-Online.com - Negara-negara yang terlibat dalam perdagangan antarbangsa dapat memperoleh manfaat seperti peningkatan produksi, konsumsi, pendapatan, dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu negara yang berperan aktif dalam perdagangan antarbangsa adalah Indonesia yang merupakan negara berkembang yang memiliki sumber daya alam berlimpah dan penduduk yang besar.

Terkait hal tersebut, artikel ini akan membahas bagaimana peran serta Indonesia dalam perdagangan antarbangsa.

Selain itu, artikel ini juga akan membahas mengapa Indonesia tergabung sebagai anggota organisasi kerja sama ekonomi antar negara dan keuntungan apa yang diperoleh Indonesia dengan menjadi anggota organisasi kerja sama tersebut.

Bagaimana peran serta Indonesia dalam perdagangan antarbangsa?

Peran serta Indonesia dalam perdagangan antarbangsa dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu:

1) Sebagai produsen dan pengekspor barang dan jasa

Indonesia memiliki berbagai komoditas yang diminati oleh pasar internasional, seperti minyak dan gas bumi, batu bara, karet, kelapa sawit, kopi, teh, kakao, rempah-rempah, tekstil, produk elektronik, furnitur, dan lain-lain.

2) Sebagai konsumen dan pengimpor barang dan jasa

Indonesia juga membutuhkan barang dan jasa dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan domestik maupun untuk mendukung proses produksi. Beberapa barang impor utama Indonesia adalah mesin dan peralatan mekanik, bahan kimia organik, besi dan baja, kendaraan bermotor, gandum, susu dan produk susu.

Baca Juga: Ekonomi Digital: Pengertian, Perkembangan, Kelebihan dan Kekurangan