Find Us On Social Media :

Kondisi Perkembangan Ekonomi Masa Reformasi dari Masa ke Masa

By Ade S, Minggu, 30 April 2023 | 12:03 WIB

Berikut ini kondisi perkembangan ekonomi masa reformasi dari masa ke masa, mulai dari pemerintahan Presiden B.J. Habibie hingga pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Intisari-Online.com - Masa reformasi ditandai dengan pergantian presiden yang dilakukan secara demokratis dan konstitusional.

Setiap presiden yang berkuasa pada masa reformasi memiliki tantangan dan kebijakan yang berbeda-beda dalam mengatasi krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak tahun 1997.

Artikel ini akan membahas tentang kondisi perkembangan ekonomi masa reformasi dari masa ke masa, mulai dari pemerintahan Presiden B.J. Habibie hingga pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Masa Reformasi

Masa reformasi di Indonesia dimulai sejak Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatan presiden pada 21 Mei 1998.

Sebelum adanya pergantian presiden, Indonesia sedang dilanda krisis keuangan pada tahun 1997 yang terus berlanjut hingga ke tahun-tahun selanjutnya.

Krisis ini berdampak pada melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, meningkatnya angka kemiskinan, naiknya harga kebutuhan pokok dan biaya hidup, serta banyaknya perusahaan yang bangkrut atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Untuk mengatasi krisis ekonomi ini, setiap pemerintahan yang berkuasa pada masa reformasi menerapkan berbagai kebijakan dan program yang bertujuan untuk memulihkan dan meningkatkan kondisi perekonomian Indonesia.

Berikut ini adalah perkembangan ekonomi Indonesia pada masa reformasi dari masa ke masa:

Pemerintahan Presiden B.J. Habibie (1998-1999)

Pemerintahan Presiden B.J. Habibie dikenal sebagai masa transisi dari krisis ekonomi ke proses pemulihan. Pada masa ini, pemerintah menerapkan kebijakan pokok di bidang ekonomi, yaitu: