Find Us On Social Media :

Sosok Kyai Haji Ahmad Dahlan, Sang Pembaru Islam yang Mengajarkan Metode Hisab

By Afif Khoirul M, Jumat, 21 April 2023 | 16:10 WIB

Ilustrasi - Sosok Kyai Ahmad Dahlan, Pendiri Muhammadiyah,

Intisari-online.com - Sosok Kyai Haji Ahmad Dahlan (1868-1923) adalah seorang ulama besar dan pahlawan nasional Indonesia yang terkenal sebagai pendiri Muhammadiyah, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Beliau lahir dengan nama Muhammad Darwis di Kauman, Yogyakarta, dari keluarga ulama yang merupakan keturunan Maulana Malik Ibrahim, salah satu Wali Songo yang menyebarkan Islam di Jawa.

Sejak kecil, Ahmad Dahlan telah menampakkan minat dan bakat dalam mempelajari agama Islam.

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji ke Makkah dan tinggal di sana selama lima tahun.

Di Makkah, beliau belajar dari para ulama pembaharu Islam seperti Muhammad Abduh, Jamaluddin al-Afghani, Rasyid Ridha, dan Ibnu Taimiyah.

Beliau juga berguru kepada Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi dan Syaikh Abdul Hadi al-Minangkabawi yang merupakan guru dari pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asyari.

Setelah kembali ke tanah air pada tahun 1888, Ahmad Dahlan mengganti namanya menjadi Ahmad Dahlan atas anjuran gurunya, Sayyid Bakri Syatha.

Beliau kemudian menikahi Siti Walidah, sepupunya sendiri yang merupakan anak dari penghulu Kesultanan Yogyakarta. Dari pernikahan ini, beliau dikaruniai tujuh orang anak.

Ahmad Dahlan memiliki visi untuk memperbarui pemahaman dan praktik Islam di Indonesia yang menurutnya masih banyak dipengaruhi oleh tradisi dan budaya lokal yang tidak sesuai dengan ajaran Islam yang murni.

Beliau juga ingin meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan umat Islam yang masih tertinggal dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain.

Untuk mewujudkan visinya tersebut, pada tanggal 18 November 1912, Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di rumahnya di Kauman.

Baca Juga: Diperkirakan Selisih 1 Hari Ini Alasan Muhammadiyah Lebaran Idul Fitri Sehari Lebih Awal dari Pemerintah