Find Us On Social Media :

Jawaban Soal PKN: Kesepakatan Dasar Negara yang Dihasilkan Dari Anggota BPUPKI, yang Memiliki Keragaman dan Latar Belakang Agama & Budaya?

By Afif Khoirul M, Selasa, 18 April 2023 | 19:40 WIB

Ilustrasi - Sidang BPUPKI

Intisari-online.com - Dalam soal PKN kelas X halaman 152-153 memuat soal berjudul "Apa kesepakatan tentang dasarnegara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?"

Nah, kali ini Intisari Online akan memberikan jawaban dari pertanyaan di atas.

Jawaban : Kesepakatan tentang dasarnegara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya adalah Piagam Jakarta atau Jakarta Charter.

Piagam Jakarta adalah rumusan dasar negara yang disusun oleh Panitia Sembilan, sebuah panitia kecil yang dibentuk oleh BPUPKI untuk membahas usulan-usulan dasar negara dari tiga tokoh penting, yaitu Supomo, Mohammad Yamin, dan Soekarno.

Piagam Jakarta disepakati oleh anggota BPUPKI pada tanggal 22 Juni 1945 setelah berdiskusi cukup alot.

Piagam Jakarta berisi lima sila yang kemudian menjadi Pancasila, yaitu:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Piagam Jakarta juga mengandung satu kalimat tambahan, yaitu, "Dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya" yang ditambahkan pada sila pertama.

Kalimat tambahan ini menunjukkan adanya penghargaan terhadap agama mayoritas di Indonesia, yaitu Islam, sekaligus menghormati keberagaman agama dan budaya di Indonesia.

Piagam Jakarta kemudian disahkan menjadi dasar negara oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan menghapus kalimat tambahan tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama, dan budaya.

Baca Juga: Soal PPKN Kelas X: Bagaimana Jenis Identitas Individu dan Identitas Kelompok Selain yang Sudah Dicontohkan Dalam Materi Pembelajaran

Dengan demikian, Piagam Jakarta merupakan hasil kesepakatan tentang dasarnegara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya.