Find Us On Social Media :

Inilah Jenis Kegiatan Ekonomi yang Menonjol di Kepulauan Banda

By Ade S, Selasa, 18 April 2023 | 06:03 WIB

Pulau Rhun di Kepulauan Banda. Inilah jawaban untuk pertanyaan: kegiatan ekonomi apa yang menonjol di Kepulauan Banda? Jelaskan!

Intisari-Online.com - Kepulauan Banda dan buah pala yang tumbuh di sana menjadi salah satu contoh dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X.

Dalam artikel yang berjudul “Buah ‘Emas’ yang Diperebutkan Dunia”, diuraikan bagaimana buah pala pernah menjadi komoditas yang sangat diminati oleh Bangsa Eropa.

Pembahasan ini, kemudian menimbulkan beberapa pertanyaan, salah satunya adalah “Kegiatan ekonomi apa yang menonjol di Kepulauan Banda? Jelaskan!”

Lantas, bagaimana sejarah dan kondisi kegiatan ekonomi yang terjadi di Kepulauan Banda?

Berikut ini adalah penjelasannya secara rinci:

Pertanyaan: Analisislah Sumber Daya Alam (SDA) Kepulauan Banda pada abad ke 6 yang menjadi daya tarik berbagai bangsa datang ke kepulauan itu? Jelaskan pula manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari kalian?

Jawaban: Kepulauan Banda menjadi salah satu tempat perdagangan rempah-rempah terkemuka di dunia pada abad ke-6.

Rempah-rempah yang sangat dicari dan hanya terdapat di kepulauan ini adalah cengkih dan bunga pala.

Kedua rempah-rempah ini membuat bangsa-bangsa asing tertarik untuk datang dan mengendalikan perdagangan rempah-rempah di Kepulauan Banda.

Bunga pala sendiri memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif.

Kondisi ini berhubungan erat dengan timbulnya berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, kanker, hingga penuaan dini.