Find Us On Social Media :

Inilah Perbedaan dan Persamaan Tiga Jenis Historiografi di Indonesia!

By Ade S, Senin, 17 April 2023 | 10:59 WIB

Soekarno, Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat di Dalat, Vietnam menemui Marsekal Terauchi, 11 Agustus 1945. Berikut ini perbedaan dan persamaan tiga jenis historiografi di Indonesia.

Intisari-Online.com - Salah satu materi yang dibahas dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X adalah historiografi.

Materi yang dibahas dalam tema Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu tersebut kita diajarkan beberapa jenis metode penulisan sejarah.

Sebuah tema yang pada akhirnya siswa menjawab pertanyaan: Berdasarkan materi tentang jenis historiografi Indonesia, temukan perbedaan dan persamaan dari ketiga historiografi tersebut!

Seperti apa jawaban yang dapat diberikan untuk pertanyaan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Pertanyaan: Berdasarkan materi tentang jenis historiografi Indonesia, temukan perbedaan dan persamaan dari ketiga historiografi tersebut!

Jawaban:

1) Perbedaan

Historiografi tradisional adalah cara penulisan sejarah yang mengandalkan sumber-sumber tertulis yang dianggap sah dan diakui oleh masyarakat pada masa itu.

Sumber-sumber tersebut biasanya berupa naskah kuno, dokumen resmi, dan catatan-catatan sejarah yang dibuat oleh para tokoh penting pada masa itu.

Historiografi kolonial adalah cara penulisan sejarah yang dipengaruhi oleh kepentingan penjajah dalam mempertahankan kekuasaannya di wilayah jajahan.

Baca Juga: Temukan Perbedaan dan Persamaan dari Ketiga Historiografi Sejarah