Find Us On Social Media :

Salah Satunya Gadis Tionghoa 'Pemicu' Kekalahan Perang, Ini Deretan Kisah Asmara Pangeran Diponegoro

By Ade S, Rabu, 5 April 2023 | 09:25 WIB

Kisah asmara Pangeran Diponegoro

Intisari-Online.com - Pangeran Diponegoro adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang terkenal dengan Perang Jawa melawan penjajah Belanda pada tahun 1825-1830.

Namun, di balik kisah heroiknya, ada juga kisah-kisah asmara yang menarik untuk diungkap.

Pasalnya, sang pangeran dikabarkan memiliki banyak perempuan cantik yang dekat dengannya, baik sebagai istri resmi, selir, maupun tawanan perang.

Bahkan, salah satu perempuan yang bukan istrinya itu konon menjadi penyebab kekalahan terbesar Pangeran Diponegoro dalam perang.

Siapa saja perempuan-perempuan yang terlibat dalam kisah asmara Pangeran Diponegoro? Berikut ulasannya.

Istri dan Selir Pangeran Diponegoro

Dalam buku “Takdir Riwayat Pangeran Diponegoro 1785 - 1855” karya Peter Carey, disebutkan bahwa Pangeran Diponegoro memiliki empat orang istri resmi dan beberapa selir atau istri tidak resmi.

Istri pertamanya adalah Raden Ayu Rukmini (1788-1827), putri Sultan Hamengkubuwono III dan saudara sepupu Pangeran Diponegoro sendiri. Pernikahan mereka terjadi pada tahun 1803 dan menghasilkan enam anak.

Sementara Raden Ayu Siti Aisyah (1790-1827) yang menjadi istri keduanya merupakan putri Sultan Hamengkubuwono II dan juga saudara sepupu Pangeran Diponegoro. Mereka menikah pada tahun 1808 dan memiliki dua anak darinya.

Ada pula Raden Ayu Ratnaningsih (1795-1827) yang menjadi istri ketiganya, putri Sultan Hamengkubuwono I dan juga saudara sepupu Pangeran Diponegoro. Pada tahun 1813, mereka menikah dan memiliki empat anak darinya.

Baca Juga: Kisah Tragis Pangeran Diponegoro yang Dikhianati oleh Kekasihnya Sendiri