Find Us On Social Media :

Sunan Kudus dan Arya Penangsang: Hubungan Guru-Murid yang Penuh Konflik dan Kontroversi

By Ade S, Rabu, 29 Maret 2023 | 08:12 WIB

Kolase Sunan Kudus dan Arya Penangsang

Intisari-Online.com - Sunan Kudus dan Arya Penangsang adalah dua tokoh penting dalam sejarah Kesultanan Demak, salah satu kerajaan Islam pertama di Jawa.

Keduanya memiliki hubungan guru-murid yang penuh konflik dan kontroversi, terutama dalam kaitannya dengan perebutan tahta Demak dan pembunuhan Sunan Prawoto.

Artikel ini akan membahas latar belakang, peristiwa, dan dampak dari hubungan Sunan Kudus dan Arya Penangsang.

Latar Belakang

Sunan Kudus adalah salah satu dari Wali Songo, sembilan ulama penyebar Islam di Jawa. Ia dikenal sebagai tokoh yang toleran dan menghormati kebudayaan lokal.

Sosok yang mendirikan masjid di Kudus yang menggabungkan unsur-unsur Hindu-Buddha, seperti menara yang menyerupai candi ini juga mengajarkan seni gamelan dan wayang sebagai media dakwah.

Arya Penangsang adalah adipati Jipang yang memerintah pada pertengahan abad ke-16. Ia adalah putra pertama dari Pangeran Surowiyoto atau Raden Kikin, anak dari Raden Patah, raja pertama Demak.

Ibu Arya Penangsang adalah Putri Ayu Retno Panggung, cucu dari Raja Majapahit Bhre Kertabhumi. Ia juga merupakan murid kesayangan Sunan Kudus yang mewarisi keris pusaka Setan Kober.

Hubungan antara Sunan Kudus dan Arya Penangsang bermula ketika Sultan Hadiwijaya memindahkan kerajaan ke Pajang.

Lalu dia mengganti namanya menjadi Kesultanan Pajang. Sedangkan Demak sendiri menjadi kabupaten dan dipimpin oleh Adipati Arya Pangiri.

Baca Juga: Misteri Keris Setan Kober: Pusaka Sakti yang Membawa Petaka bagi Arya Penangsang