Find Us On Social Media :

Perang Badar: Inspirasi Umat Muslim Indonesia Melawan Agresi Militer Belanda Pada Bulan Ramadhan

By Afif Khoirul M, Jumat, 24 Maret 2023 | 17:20 WIB

Ilustrasi - Perang Badar, perang terbesar pertama uamt muslim pada saat bulan ramadhan.

Intisari-online.com  - Perang Badar adalah salah satu peristiwa bersejarah dalam Islam yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 hijriah atau tahun 624 Masehi.

Saat itu, umat Islam yang berjumlah 314 orang berhadapan dengan pasukan kafir Quraisy yang berjumlah 1000 orang atau lebih di sebuah lembah antara Makkah dan Madinah.

Meskipun dalam kondisi berpuasa dan tidak seimbang, umat Islam berhasil memenangkan pertempuran tersebut dengan bantuan Allah SWT.

Perang Badar menjadi inspirasi bagi umat muslim di Indonesia yang juga menghadapi penjajahan dan agresi militer dari Belanda pada tahun 1947.

Belanda melancarkan serangan mendadak pada awal bulan Ramadhan dengan tujuan untuk menghapus kedaulatan Republik Indonesia dan menguasai kembali wilayahnya sebagai jajahan.

Umat muslim di Indonesia tidak tinggal diam, mereka melakukan perlawanan sengit dengan semangat jihad dan keimanan yang tinggi.

Salah satu contoh perlawanan umat muslim di Indonesia adalah di Sumatera Selatan, dimana agresi militer Belanda I dilakukan tepat di hari ketiga bulan puasa.

Aksi itu dimulai setelah umat Islam baru saja selesai melakukan sahur sekitar pukul 04.00 pagi.

Umat muslim di sana bertempur dengan gigih meskipun dalam keadaan haus, lapar, dan lelah.

Mereka mengorbankan harta dan nyawa mereka untuk membela tanah air dan agama mereka.

Contoh lain adalah di Jawa Timur, khususnya di Pamekasan Madura, dimana para ulama dan masyarakat juga melakukan perlawanan terhadap Belanda saat bulan Ramadhan.

Baca Juga: Raden Ronggo, Inspirasi Pangeran Diponegoro Lawan Belanda, Pernah Ditetapkan Sebagai Pengkhianat Mataram