Find Us On Social Media :

Diklaim Sebagai Karya Agung Buya Hamka, Benarkah Tafsir Al-Azhar Dirampungkan di Dalam Penjara?

By Ade S, Selasa, 21 Maret 2023 | 13:29 WIB

Kolase Buya Hamka dan Vino G Bastian yang memerankan sosoknya dalam film

Intisari-Online.com -  Trailer film Buya Hamka akhirnya dirilis pada 20 Maret 2023 menjelang bulan Ramadhan.

Trailer yang berdurasi 2 menit 13 detik ini memberikan gambaran tentang kisah hidup seorang ulama, sastrawan, dan politikus Indonesia yang bernama Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama pena Hamka.

Film ini diproduksi oleh Starvision dan Falcon Pictures bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan disutradarai oleh Fajar Bustomi.

Dalam trailer tersebut, kita dapat melihat sosok Buya Hamka dari kecil hingga dewasa yang diperankan oleh beberapa aktor seperti Zayyan Sakha, Ajil Ditto, dan Vino G. Bastian.

Kita juga dapat melihat bagaimana Buya Hamka belajar agama dari ayahnya yang seorang ulama besar bernama Haji Abdul Karim Amrullah atau Haji Rasul (Mathias Muchus), merantau ke Deli untuk menekuni dunia jurnalistik dan sastra, berdakwah di berbagai tempat di Indonesia maupun internasional, serta terlibat dalam dunia politik sebagai anggota DPR RI dan Ketua MUI pertama.

Selain itu, trailer juga menampilkan sisi romantis Buya Hamka dengan istrinya Siti Rahmah (Laudya Cynthia Bella) yang selalu setia mendampinginya dalam suka dan duka.

Kita juga dapat melihat beberapa adegan dramatis seperti saat Buya Hamka ditangkap oleh Belanda karena dianggap sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, saat Buya Hamka menghadapi konflik dengan organisasi Islam lainnya karena perbedaan pandangan politik, serta saat Buya Hamka menghadapi kritik dan tantangan dari masyarakat karena karya-karyanya yang kontroversial.

Film yang akan tayang pada bioskop pada tanggal 20 April 2023 mendatang ini merupakan film yang ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar karya-karya Buya Hamka seperti Tafsir Al-Azhar , Tasawuf Modern , Falsafah Hidup , Dibawah Lindungan Ka’bah , Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck , dan lain-lain.

Siapa itu Buya Hamka?

Buya Hamka adalah nama singkat dari Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Beliau lahir di Desa Molek, Maninjau, Sumatera Barat pada 16 Februari 1908 dan wafat di Jakarta pada tanggal 24 Juli 1981 di umur 73 tahun.

Baca Juga: Benarkah Teori Makkah Jadi Teori Masuknya Islam di Indonesia yang Paling Kuat?