Find Us On Social Media :

Mengapa Bung Hatta Dikategorikan Penggerak dalam Sejarah Indonesia?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 5 Maret 2023 | 17:20 WIB

(Ilustrasi) Menurut pendapat kalian, mengapa Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu penggerak dalam sejarah Indonesia?

Intisari-Online.com - Menurut pendapat kalian, mengapa Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu penggerak dalam sejarah Indonesia?

Bung Hatta atau Mohammad Hatta merupakan wakil presiden pertama Indonesia dan memiliki peran penting dalam kemerdekaan tanah air.

Sosok Mohammad Hatta tida bisa dilepaskan dari perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Beliau adalah salah satu pemikir terhebat yang dimiliki Indonesia.

Tak hanya dikenal sebagai Bapak Proklamator Indoensia, Mohammad Hatta juga Bakap Koperasi, Bapak Kedaulatan Rakyat, Bapak Perumahan Nasional, dan Bapak Hak Asasi Manusia.

Mohammad Hatta atau Bung Hata menjadi salah satu tokoh penting atas kemerdekaan Indonesia.

Beliau merupakah seorang negarawan besar Indonesia. 

Dalam buku Bung Hatta di Mata Tiga Putrinya (2015) oleh Meutia Farida Hatta, Bung Hatta merupakan orang Indonesia yang mengoleksi buku sejak bnerusia 16 tahun.

Dari situ, koleksi bukunya semakin bertambah.

Bahkan selama 11 tahun tinggal di Belanda, Hatta merupakan mahasiswa yang memiliki koleksi buku terbanyak di antara mahasiswa yang lainnya.

Koleksi buku-buku Bung Hatta mulai dari ilmu ekonomi, hukum, tata negara, administrasi negara, filsafat, agama, politik, sejarah, sosiologi, antropologi, dan sastra.