Find Us On Social Media :

Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Sehari-hari yang Perlu Anda Ketahui

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 4 Maret 2023 | 07:15 WIB

Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari?

Intisari-Online.com - Dapatkah Anda jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman, tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari?

Pengertian sejarah secara umum adalah segala bentuk pengetahuan hasil penyelidikan dari masa lalu yang akan menjadi acuan atau pedoman untuk masa sekarang serta proses untuk kemajuan di masa depan.

Sementara itu, dalam menyusun catatan sejarah, diperlukan beberapa hal, seperti makalah pemerintah, buku harian, surat, prasasti, biografi, dan lainnya.

Untuk sejarah kuno, sumber sejarah biasanya menggunakan daftar raja, perang, dan peristiwa penting seperti pembangunan kuil dan bencana alam.

Pada zaman yang lebih modern, lebih mudah mendapatkan catatan sejarah karena pemerintah dan lembaga sudah mulai membuat arsip untuk menyimpan catatan penting.

Perlu Anda pahami bahwa sejarah memang digunakan untuk mempelajari masa lampau.

Tak hanya itu, sejarah juga membantu manusia memahami serta mengetahui apa yang pernah terjadi di masa lampau. 

Sejarah jelas mempunyai fungsi dan kegunaannya bagi kehidupan manusia.

Secara umum, sejarah berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan dijadikan media untuk menelusuri fakta dan peristiwa yang terjadi di masa lalu.Fungsi umum ini ditujukan supaya manusia di generasi selanjutnya bisa menjadikan peristiwa di masa lampau tersebut sebagai pelajaran serta pengalaman penting.

Fungsi sejarah

Baca Juga: Berdasarkan Jenisnya, Temukan Perbedaan dan Persamaan dari ketiga Historiografi Indonesia