Find Us On Social Media :

Mengapa Manusia Menjadi Dimensi Penting dalam Sejarah? Yuk Simak!

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 2 Maret 2023 | 17:35 WIB

(Ilustrasi) Mahatma Gandhi - Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?

Intisari-Online.com - Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?

Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau. Sejarah adalah kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yaitu menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia. Sejarah yaitu cerita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi).Untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau, perumusan sejarah melalui enam pertanyaan, yaitu:

1. What (apa) yang menunjuk kepada peristiwa yang terjadi pada masa lampau. 2. Who (siapa) yang menunjuk tentang tokoh atau orang yang terlibat dalam peristiwa. 3. When (kapan) yang menunjuk waktu terjadinya persitiwa tersebut.

4. Where (di mana) yang menunjuk kepada tempat peristiwa terjadi. How (bagaimana) yang menunjuk kepada proses terjadinya peristiwa tersebut. 5. Why (mengapa) yang menunjuk kepada keterkaitan sebab akibat peristiwa tersebut.

Baca Juga: Interkoneksi Kebangkitan Bangsa-bangsa Asia dengan Situasi Indonesia

Lantas, mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah? Dalam sejarah, Anda harus tahu bahwa ada 3 unsur penting dalam sejarah: manusia, ruang, dan waktu.

1. Unsur ruang

Unsur ruang yang dalam sejarah disebut juga dengan aspek geografis.

Unsur ruang ini berkaitan dengan dimensi tempat.

Dengan kata lain, unsur ruang memberi tahu di mana sebuah peristiwa bersejarah terjadi.

Oleh karena itu, unsur ruang juga merupakan unsur penting yang harus ada dalam sejarah.

Contohnya, peristiwa pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan di depan rumah Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.