Find Us On Social Media :

7 Bumbu Masak Ini Jadi Rahasia Awet Muda

By Ade Sulaeman, Rabu, 9 September 2015 | 16:00 WIB

7 Bumbu Masak Ini Jadi Rahasia Awet Muda

Intisari-Online.com - Seorang juru masak atau koki asal India bernama Anjula Devi ini ternyata sudah berusia 51 tahun. Ibu dua anak ini mengaku tak pernah mengonsumsi obat khusus untuk membuatnya awet muda, apalagi melakukan operasi plastik. Baginya, justru penggunaan bumbu masaklah yang menjadi rahasia awet muda.

"Saya suka memasak dengan sayuran segar dan hijau. Saya berhati-hati untuk tidak menggunakan pewarna buatan dan pengawet. Saya ingin menginspirasi orang sebanyak mungkin untuk memasak makanan lezat, sehat, seperti yang ayah saya lakukan bertahun-tahun lalu," kata Anjula.

Berikut tujuh bahan alami yang sering digunakan Anjula sebagai bumbu masak.

Jinten

Jinten dapat mengatasi masalah pencernaan, rasa kembung, hingga flu. Anjula pun mengaku tak pernah terkena flu. Jinten dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu bahan utama dalam masakan India. Ketumbar memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan sifat anti-bakteri. Menurut Anjula, ketumbar juga bagus untuk menurunkan demam.

Brown mustard seeds atau biji sawi

Rempah ini bisa meningkatkan cita rasa masakan India. Lebih penting dari itu, bahan masakan ini bisa memperlambat penuaan dan baik dikonsumsi oleh wanita yang telah menopause. Anjula mengatakan, rempah ini wajib ada di lemari dapur Anda.

Cabai kashmiri

Rasa pedas pada masakan bisa diciptakan dengan memasukkan cabai kashmiri. Cabai ini dapat menghangatkan hidangan Anda. Menurut Anjula, ini adalah cabai terbaik yang dapat digunakan ketika pertama kali mulai bereksperimen dengan masakan India. Kashmiri merupakan cabai yang tinggi vitamin C dan kaya antioksidan untuk membuat kulit lebih bersinar.

Kunyit