Find Us On Social Media :

Bingung Menentukan Menu Sarapan? Cobalah 5 Menu Sarapan Sehat Ini

By Ilham Pradipta M., Jumat, 19 Februari 2016 | 07:00 WIB

Bingung Menentukan Menu Sarapan? Cobalah 5 Menu Sarapan Sehat Ini

Intisari-Online.com – Apakah Anda sering bingung untuk menentukan menu sarapan? Sebenarnya banyak menu sarapan sehat yang dapat kita buat untuk memenuhi energi. Cara membuatnya pun terbilang mudah.

Menurut Erica Giovinazzo, MS, RD, ahli nutrisi pada Clay Health Club and Spa, di New York City, akan lebih baik bila sarapan kita menggabungkan karbohidrat baik, serat, dan beberapa protein. Berikut ini adalah menu sarapan sehat menurut beberapa ahli.

1.OatmealOatmeal dapat menjadi ide yang baik untuk sarapan. Makan ini mengandung serat yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kolestrol, jika dimakan teratur. Oatmeal juga kaya akan omega-3, folat, dan kalium. Membuatnya pun cukup mudah. Hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Tapi, sebaiknya hindari oatmeal yang berjenis rasa manis (mengandung gula).

2. Greek yogurtMenu sarapan yang satu ini kaya kalsium. Ia juga menawarkan banyak protein—hampir dua kali lebih banyak dari yoghurt biasa. Greek yogurt juga dapat membuat perut kita terasa penuh sepanjang hari.

3. Wheat germ (gandum)Hanya dua sendok saja, makanan ini menyediakan sekitar 15% dari asupan yang direkomendasikan. Termasuk jumlah vitamin E dan 10 persen kebutuhan folat harian kita. Menurut Giovinazzo, asupan vitamin E pada kebayakan orang cenderung kurang. Jadi wheat grem bisa menjadi sumber tambahan. Sangat mudah untuk memasukkan gandung ke hampir semua menu sarapan. Termasuk sereal atau mengkombinasikannya dengan yoghurt.

4. Grapefruit (jeruk)Mencoba untuk menurunkan berat badan? Cobalah jeruk jenis ini. Menurut studi, memakan grapefruit sebelum makan, dapat membantu menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan sifat pembakaran lemak yang dimilikinya. Selain itu, jeruk jenis ini bermanfaat untuk gula dan dan tingkat insulin dalam tubuh kita. Tapi jangan lupa, bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, pastikan untuk meminta saran dokter Anda. Karena ada jeruk dan jus jeruk yang dapat mengganggu khasiat beberapa obat.

5.  SerealMemang banyak jenis sereal di luar sana. Pilihlah sereal yang setidaknya mengandung 5 gram serat dan kurang dari 5 gram gula. Kita juga bisa mengkombinasikan sereal dengan gandung. Ini akan memperkaya asupan folat dan nutrisi penting lainnya. (health.com)