Find Us On Social Media :

Apakah Manfaat Belajar Sejarah dari Cerita Panji? Berikut Jawabannya

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 20 Januari 2023 | 08:35 WIB

(Ilustrasi) Putri Candrakirana (Sekartaji) - Apakah Manfaat Belajar Sejarah dari Cerita Panji?

Intisari-Online.com - Dapatkah Anda jelaskan apakah manfaat belajar sejarah dari cerita Panji? 

Pertanyaan seputar 'apakah manfaat belajar sejarah dari cerita Panji?' ada di halaman 75 dalam buku Sejarah kelas X dalam Kurikulum Merdeka.

Namun sebelum mengetahui apakah manfaat belajar sejarah dari cerita Panji, Anda harus tahu bahwa dijelaskan oleh Kieven (2014), pada beberapa relief di candi zaman peninggalan Majapahit terdapat cerita Panji yaitu sosok yang bertopi.

Cerita Panji yang dikisahkan dalam bentuk relief merupakan seni dan sastra warisan budaya Jawa yang tersebar luas.

Cerita ini tersebar luas hingga di beberapa wilayah seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar dan Laos.

Cerita Panji merupakan kisah cinta antara Putra Panji dariKerajaan Jenggala/ Kahuripan dan Putri Candrakirana (Sekartaji) dari kerajaan Daha/Kediri.

Nilai-nilai penting dari cerita Panji mengajarkan tentang kesederhanaan, kesetiaan, keadilan, perjuangan meraih cita-cita, dan masih banyak lagi.

Di masa Kerajaan Majapahit, yaitu kisaran abad 14-15, Cerita Panji sangat populer.

Melalui perjalanan laut, cerita ini disebarkan oleh para pedagang, dari Pulau Jawa ke Bali, Melayu, kemudian ke Thailand, Myanmar, Kamboja, dan mungkin juga ke Filipina.

Cerita Panji, dengan demikian memiliki keunikan karena pengarangnya banyak.

Ketika menyebar dari Jawa ke kawasan Asia Tenggara, berkembanglah banyak versi dan kisah yang berbeda sehingga berkontribusi pada keragaman dan potensi budaya Panji saat ini.

Baca Juga: Berdasarkan Materi tentang Jenis Historiografi Indonesia, Temukan Perbedaan dan Persamaan dari Ketiga Historiografi Tersebut!