Find Us On Social Media :

The Zookeeper's Wife, Kisah Nyata Jan dan Antonina Zabinski Selamatkan 300 Yahudi di Kebun Binatang, Caranya Unik

By Ade S, Rabu, 4 Januari 2023 | 14:02 WIB

The Zookeeper's Wife, film yang berangkat dari kisah nyata Jan Żabiński dan Antonina Żabiński menyelamatkan 300 Yahudi dari tentara Jerman.

Intisari-Online.com - Film The Zookeeper's Wife yang akan tayang di Bioskop Trans TV pada Sabtu (7 Januari 2023) ternyata diangkat dari kisah nyata.

Film yang disutradarai oleh Niki Caro dan ditulis oleh Angela Workman tersebut mengisahkan pasangan suami istri Dr. Jan Żabiński dan Antonina Żabiński.

Keduanya merupakan zoologis yang bertugas mengelola Kebun Binatang Warsawa, Polandia, yang kelak menjadi kunci selamatnya 300 nyawa.

Mereka bertaruh nyawa untuk menyelamatkan kaum Yahudi Polandia yang menjadi incaran para tentara Jerman.

Lewat sebuah trik penyelamatan khusus dan kode 'rahasia' yang tercipta tanpa pernah disepakati, Jan dan Antonina Żabiński keduanya pun menjelma menjadi pahlawan.

Sebutan pahlawan tidak dianggap berlebihan karena keduanya bertaruh nyawa saat memutuskan untuk menyelematkan 300 Yahudi dan beberapa politisi.

Bayangkan saja, saat itu, hanya menawarkan segelas air putih kepada orang Yahudi bisa berakhir dengan keharusan mendekam di penjara.

Dilansir biography.com, apa yang dilakukan oleh pasangan suami-istri tersebut nyatanya lebih dari itu, bahkan dengan jumlah orang Yahudi mencapai ratusan.

Selama tiga tahun, keduanya harus berpikir keras untuk bisa menghidupi ratusan kaum Yahudi sekaligus memikirkan cara untuk terus menyembunyikannya.

Seperti tergambarkan dalam film The Zookeeper's Wifepasangan ini sepakat menggunakan kebun binatang sebagai ghetto (tempat penampungan orang-orang Yahudi).

Baca Juga: Diklaim Jadi Film Paling Menakutkan, Veronica Justru Punya Kisah Nyata yang Jauh Lebih Mengerikan