Find Us On Social Media :

Sampai Picu Ucapan Rasis, Ini Makna Bisht yang Dikenakan Lionel Messi saat Angkat Trofi Piala Dunia

By Ade S, Senin, 19 Desember 2022 | 13:27 WIB

Bisht yang dikenakan Lionel Messi kala mengangkat trofi Piala Dunia.

Intisari-Online.com - Mata dunia, khususnya para penggemar sepak bola kini tengah tertuju ke Argentina, khususnya Lionel Messi.

Keberhasilan Messi mengantarkan negaranya memenangai Piala Dunia 2022 usai menumbangkan Prancis melalui adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 3-3 di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022).

Messi akhirnya dianggap berhasil melengkapi kegemilangan karier sepak bolanya selama ini usai menambahkan trofi Piala Dunia ke dalam daftar piala yang diraihnya.

Namun, di antara gegap gempita keberhasilan penggawa Paris Saint Germain tersebut ada satu hal yang menjadi sorotan kala dirinya mengangkat trofi Piala Dunia.

Sesaat sebelum ke podium, Messi terlihat menerima jubah kain berwarna hitam yang kemudian dikenakannya saat mengangkat piala prestisius tersebut.

Baca Juga: Kini Jadi Juara Piala Dunia 2022, Ini Alasan Argentina Sedikit Memiliki Pemain Kulit Hitam di Dalam Skuad Piala Dunianya

Belakangan diketahui bahwa jubah hitam dengan garis emas yang diberikan oleh Emir negara Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani tersebut bernama "bisht".

Jubah tersebut umumnya dikenakan oleh para petinggi atau orang penting di Qatar, khususnya saat ada sebuah acara atau perayaan khusus.

Dalam 'aturannya', jubah tersebut akan dipakaikan oleh seorang ayah kepada anaknya menjelang acara-acara spesial seperti pernikahan.

Keputusan Qatar untuk memberikan bisht kepada Messi sendiri dianggap sebagai simbol penghargaan kepada dirinya, terutama setelah berhasil memenangi Piala Dunia.

Baca Juga: Juara Piala Dunia, Karier Lionel Messi Nyaris Gagal Gegara Penyakit Ini, Kondisi Seksual Jadi Ciri