Find Us On Social Media :

Kini Jadi Juara Piala Dunia 2022, Ini Alasan Argentina Sedikit Memiliki Pemain Kulit Hitam di Dalam Skuad Piala Dunianya

By Mentari DP, Senin, 19 Desember 2022 | 08:30 WIB

Mengapa Argentina sedikit memiliki pemain kulit hitam di Piala Dunia?

Intisari-Online.com - Argentina berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022.

Di babak final Piala Dunia 2022, Argentina berhasil mengalahkan juara Piala Dunia 2018, Prancis, lewat drama adu penalti.

Dalam pertandingan ini ada banyak rekor, sejarah, dan fakta yang terpecahkan.

Tapi jika kita melihat ke dalam skuad timnas Argentina, ada satu fakta menarik di dalamnya, yaitu mengapa Argentina sedikit memiliki pemain kulit hitam di Piala Dunia?

Fakta itu sedikit berbeda dengan negara Amerika Selatan lainnya seperti Brasil yang memiliki beberapa pemain kulit hitam di dalam skuadnya.

Dilansir dari washingtonpost.com pada Senin (19/12/2022), berdasarkan sensus penduduk Argentina pada 2010, rupanya hanya 149.493 orang atau 1% penduduk negara itu yang orang kulit hitam.

Sementara jumlah penduduk Argentina sekitar 45,81 juta pada 2021.

Soal adanya orang kulit hitam di Argentina bermula saat kira-kira 200.000 tawanan Afrika mendarat di pantai Río de la Plata selama periode kolonial Argentina, dan, pada akhir abad ke-18, sepertiga populasinya adalah orang kulit hitam.

Ada beberapa alasan mengapa jumlah penduduk Argentina yang berkulit hitam sedikit.

Salah satunya beberapa mitos di Argentina.

Mungkin mitos pertama dan paling populer adalah bahwa pria kulit hitam digunakan sebagai "umpan meriam" yang mengakibatkan banyak korban jiwa selama perang sepanjang abad ke-19.

Baca Juga: Prancis Kalahkan Maroko, Bak Mengulang Sejarah Pertempuran Tours Saat Pasukan Charles Martel Menyerang Pasukan Muslim