Find Us On Social Media :

Berumur 4.500 Tahun, Situs Gerinda Kapak Raksasa Ini Ditemukan di Skotlandia

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 Desember 2022 | 15:00 WIB

Berumur 4.500 tahun gerinda raksasa ditemukan di Skotlandia.

Intisari-Online.com – Pada zaman Neolitik, orang menggunakan perkakas dari batu, dan perlu alat untuk membuat perkakas batu itu menjadi lebih tajam agar dapat dipergunakan.

Sekitar 4.500 tahun yang lalu, pembuat perkakas Neolitik menggunakan situs ini seperti batu asahan atau gerinda raksasa untuk memoles kapak.

Batu pasir besar ini ditemukan oleh para arkeolog dan sukarelawan yang meneliti daerah dekat Balfron, dekat Stirling, Skotlandia.

Ada banyak monumen dan situs kuno yang megah yang ditemukan di Skotlandia.

Penggabungan Zaman Neolitik ke Zaman Perunggu juga menyaksikan berkembangnya fenomena arsitektur yang luar biasa, dari pendirian lingkaran batu dan batu berdiri.

Kompleks batu Callanish yang sakral di Isle of Lewis dan desa Neolitik Skara Brae yang menarik, hanyalah beberapa contoh saja.

Lebih dari 5.000 tahun sejarah manusia dapat ditelusuri melintasi lembah Kilmartin.

Kilmartin Glen dianggap memiliki salah satu konsentrasi paling penting dari sisa-sisa Zaman Neolitik dan Zaman Perunggu di Skotlandia.

Setidaknya ada 350 monumen kuno, 150 di antaranya prasejarah.

Yang menarik adalah tugu bilik, tugu bundar, cist, batu berdiri, dan pahatan batu.

Monumen Neolitik dan Zaman Perunggu ini bersama dengan lingkaran batu di Kuil Kayu dan batu berdiri di Ballymeanoch, semuanya adalah bagian dari lanskap ritual Kilmarin Glen.

Baca Juga: Pelat Emas Bertulis Kuno Ini Ditemukan di Sebuah Pulau di Indonesia