Find Us On Social Media :

Berumur 4.000 Tahun, Nelayan Ini Temukan Patung Fosil dengan Raut Penuh Dendam di Sungai di Siberia

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 Desember 2022 | 16:00 WIB

Patung berumur 4.000 tahun dengan raut penuh dendam yang ditemukan di Siberia.

Intisari-Online.com – Seorang nelayan sedang menjalankan kegiatan sehari-harinya, menangkap ikan di sepanjang Sungai Dudet dekat rumahnya.

Tetapi dia akhirnya menangkap sesuatu yang jauh lebih berharga daripada ikan tench dan ikan mas.

“Saya hendak membuangnya kembali ke air, tetapi pada detik terakhir saya melihatnya lebih dekat,” kata nelayan itu, Nikolay Tarasov, kepada Siberian Times.

“Dan saya melihat sebuah wajah. Saya berhenti dan mencuci benda itu di sungai, dan menyadari bahwa itu bukanlah batu dengan bentuk yang tidak biasa, seperti yang saya duga sebelumnya, tetapi sebuah patung.”

Nelayan itu menangkap sebuah patung fosil yang terbuat dari tulang binatang yang diukir dengan sepasang mawa berbentuk almond, mulut yang menghadap ke bawah, dan ekspresi dendam.

Sosok itu digambarkan dengan rambut yang dikepang.

Begitu nelayan itu menyadari apa itu, dia membawanya ke ahli di museum setempat, yang katanya ‘benar-benar melompat kegirangan’.

Pavel German, seorang ahli di Institut Ekologi Manusia di Kemerovo, mengatakan dia yakin patung itu unik di antara arkeologi Siberia.

Para ahli telah mencocokkan gaya ukiran patung tersebut dengan budaya lokal Okunev, kelompok masyarakat Zaman Perunggu yang berasal dari milenium ke-2 SM, dan tinggal di Siberia selatan.

Mereka mencari nafkah dengan beternak sapi, domba, dan kambing, ditambah dengan berburu dan menangkap ikan.

Sejauh ini, para arkeolog tidak menemukan indikasi bahwa orang Okunev memiliki konsep “memiliki” tanah, atau memiliki semacam stratifikasi sosial.

Baca Juga: Menakjubkan! Seperti inilah Cincin Emas yang Ditemukan Milik Para Firaun Mesir Kuno