Find Us On Social Media :

Inilah Isi dari Kitab Tarjuman al-Mustafid, Karya Syekh Abdul Rauf Singkil

By Mentari DP, Rabu, 14 Desember 2022 | 13:30 WIB

Banyak karya-karya Syekh Abdul Rauf Singkil yang sempat dipublikasikan melalui murid-muridnya, di antaranya Tarjuman al-Mustafīd. Sebutkan isi garis besar dari isi kitab tersebut?

Intisari-Online.comBanyak karya-karya Syekh Abdul Rauf Singkil yang sempat dipublikasikan melalui murid-muridnya, di antaranya Tarjuman al-Mustafīd. Sebutkan isi garis besar dari isi kitab tersebut?

Pertanyaan Sebutkan isi garis besar dari isi kitab Tarjuman al-Mustafīd, karya Syekh Abdul Rauf Singkil? ada di halaman 173.

Tepatnya pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI.

Untuk jawabannya, Anda bisa membuka halaman 158 dan mulai membaca pada sub bab e. Jejak dan Langkah Syekh Abdurauf bin Ali al-Singkili.

Nama populer Syekh Abdul Rauf Singkil adalah Syekh Abdurrauf bin Ali al-Fansuri as-Singkili.

Tahun lahirnya adalah 1024 H/1615 M, sementara wafatnya di Kuala Aceh, Aceh Tahun 1105 H/1693 M).

Syekh Abdul Rauf Singkil adalah ulama besar Aceh, dan memiliki pengaruh besar dalam penyebaran agama Islam di Sumatra dan Nusantara.

Sebutan gelarnya yang juga terkenal ialah Tengku Syiah Kuala (bahasa Aceh, artinya Syekh Ulama di Kuala).

Menurut Azyumardi Azra, seorang akademisi UIN Jakarta, banyak karya-karya Syekh Abdurrauf Singkil yang sempat dipublikasikan melalui murid-muridnya.

Beberapa di antaranya adalah:

1. Mir’at al-Thullāb fī Tasyil Mawā’iz al-Badî’rifat al-Ahkām al-Syar’iyyah li Mālik al-Wahhāb, karya ini berisi tentang bidang fiqh atau hukum Islam, yang ditulis atas permintaan Sultanah Safiyatuddin.

Baca Juga: Ini 2 Karya Syekh Abdus Samad yang Terkenal dan Sampai Saat Ini Masih Dipergunakan