Find Us On Social Media :

Apa Saja Peristiwa yang Menjadi Tonggak Keberhasilan dalam Upaya Menyatukan Perbedaan-perbedaan Suku, Agama, Ras dan Golongan dalam Sejarah Indonesia?

By Khaerunisa, Jumat, 9 Desember 2022 | 20:50 WIB

Kongres Pemuda. Ilustrasi peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan-perbedaan bangsa Indonesia.

Intisari-Online.com - Apa saja peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan-perbedaan suku, agama, ras, dan golongan dalam sejarah Indonesia? Berikut ini beberapa di antaranya.

Pertanyaan "Apa saja peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan-perbedaan suku, agama, ras, dan golongan dalam sejarah Indonesia?" terdapat pada halaman 128 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA/SMK.

Pada bagian 3 buku tersebut, dipelajari mengenai Bhineka Tunggal Ika.

Seperti diketahui Bangsa Indonesia merupakan bangsa beraneka ragam karena terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, bahasa daerah, serta agama yang berbeda-beda.

Keberagaman tersebut menjadi kekayaan dan keunikan bangsa Indonesia. Tetapi di sisi lain juga menjadi tantangan tersendiri.

Meski begitu, dalam sejarahnya Bangsa Indonesia mencapai keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan-perbedaan tersebut sehingga lahirlah negara Indonesia seperti sekarang ini.

Ada berbagai peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan-perbedaan suku, agama, ras, dan golongan dalam sejarah Indonesia.

Beikut ini beberapa di antara peristiwa-peristiwa tersebut:

1. Kebangkitan Nasional

Peristiwa pertama yang menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia adalah kebangkitan nasional.

Latar belakang adanya Kebangkitan Nasional adalah tumbuhnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: PPKn Kelas X Halaman 111: Isi Peraturan Perundang-undangan Dikaitkan dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945