Find Us On Social Media :

Usai Pertandingan Iran vs AS, Amerika Mendadak Setuju Qatar Beli Pesawat Tempur Seharga 1 Miliar Dollar Ini, Ada Apa?

By Afif Khoirul M, Kamis, 1 Desember 2022 | 06:55 WIB

Ilustrasi - Pesawat militer.

Intisari-online.com - Setelah lama tertunda, pemerintahan Presiden AS menyetujui kesepakatan untuk menjual senjata canggih senilai 1 miliar dollar AS ke Qatar, negara tuan rumah Piala Dunia.

Pentagon mengumumkan pada 29 November bahwa penjualan kendaraan udara tak berawak (UAV) kecil dan peralatan anti-UAV ke Qatar telah disetujui oleh pemerintah AS.

"Senjata ini akan meningkatkan kemampuan Qatar untuk menanggapi ancaman saat ini dan memberikan kemampuan untuk menembak jatuh UAV," kata Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) dari Departemen Pertahanan AS dalam sebuah pernyataan.

"Total biaya transaksi ini diperkirakan mencapai 1 miliar dollar AS," kata DSCA.

"Tujuan kebijakan luar negeri dan keamanan Amerika Serikat akan didukung dengan peningkatan kemampuan pertahanan negara-negara sahabat," kata DSCA.

Departemen Luar Negeri AS juga menyetujui perjanjian penjualan senjata ke Qatar pada 29 November dan menyerahkan rencana tersebut ke Kongres AS untuk disetujui.

Pengumuman Departemen Luar Negeri AS dilakukan segera setelah tim AS dan Iran memulai paruh kedua pertandingan sepak bola di babak penyisihan grup Piala Dunia.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Qatar (negara Teluk) akan menerima dari 10 sistem pesawat tak berawak AS, 200 pencegat UAV dan peralatan terkait.

Qatar telah menawarkan untuk membeli UAV, termasuk drone serang MQ-9 modern dari AS, pada tahun 2020.

Namun, pejabat AS lambat menyetujui kesepakatan itu karena takut menyinggung sekutu Timur Tengah seperti Arab Saudi.

Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, negara yang memiliki hubungan buruk dengan Qatar.

Baca Juga: Fakta 'Panas' Politik di Balik Pertandingan AS vs Iran, Sudah Tegang Sejak 69 Tahun Lalu