Find Us On Social Media :

Ini Dia, 10 Cara Sederhana Agar Hidup Kita Lebih Bahagia (1)

By Ilham Pradipta M., Kamis, 7 Juli 2016 | 09:30 WIB

Ini Dia, 10 Cara Sederhana Agar Hidup Kita Lebih Bahagia (1)

Intisari-Online.com – Bahagia, tentu diinginkan setiap orang dalam menjalani hidupnya. Masalahnya mewujudkan kebahagian itu gampang-gampang susah. Ada saja kalanya beberapa hal bisa merusak kebahagian dia. Tapi tenang saja, kini ada beberapa cara agar kita bisa merasa lebih bahagia dalam menjalani hari-hari. Caranya pun sederhana. Penasaran? Berikut selengkapnya.

1.Olahraga. Jagan salah sangka dulu. Olahraga tak hanya membuat tubuh kita sehat saja. Melalui olahraga dan latihan fisik,   hormon edorfin (hormon yang memicu rasa bahagia) dalam tubuh pun dapat keluar dengan lancar.

Dengan munculnya hormon ini,  kita bisa mengubah mood yang buruk menjadi lebih baik. Selain itu, penelitian juga menunjukkan kalau olahraga dapat meringankan gejala depresi.

2. Mengonsumsi sayuran hijau. Sayura tak hanya kaya akan serat saja. Ia juga mengandung folat yang baik untuk suasana hati kita. Cobalah konsumsi sayuran berdaun hijau dan gelap seperti bayam dan kale. Folat yang terkandung didalammnya merupakan unsur hara yang bisa menurunkan suasana hati yang negatif, seperti depresi.

Menurut sebuah studi, orang setengah baya yang suka mengonsumsi folat, memiliki risiko yang lebih rendah untuk terserang depresi. Di samping itu, sayuran ini juga menghasilkan dopamin yang bisa memicu rasa nyaman pada otak. 

3. Terapi perilaku kognitif. Terapi merupakan salah satu cara untuk memerangi berbagai masalah fisik dan mental. Nah, terapi jenis ini bisa mengurangi dan mengobati depresi serta gangguan kecemasan.

 Terapi perilaku kognitif bisa membantu kita untuk mengenali pola pikir negatif, dan mengubahnya menjadi positif. Dengan begitu, kita akan lebih bahagia dan sehat.

4. Merawat bunga. Cukup sederhana bukan? Hanya dengan merawat bunga bisa membuat kita jadi lebih bahagia. Menurut studi dari Harvard,  merawat bunga segar di rumah dapat menyingkirkan rasa cemas dan mood yang buruk.

Dalam studi itu, para subjek penelitian (relawan) nemiliki rasa belas kasih yang lebih pada orang lain setelah merawat bunga. Selain itu, mereka juga  lebih bersemangat di tempat kerja.

(Alison Mango/Health.com)