Find Us On Social Media :

Alasan Mengapa Serangan Rudal Polandia, Bisa Memicu Perang Besar-Besaran NATO Dengan Rusia

By Afif Khoirul M, Kamis, 17 November 2022 | 07:10 WIB

Peran Polandia dalam perang Rusia dan Ukraina.

Intisari-online.com - Dua orang tewas dalam ledakan pada 15 November di kota Przewodow di perbatasan dengan Ukraina, kata seorang pejabat Polandia.

Insiden itu terjadi dalam konteks serangan roket Rusia ke Ukraina, tetapi tidak jelas dari mana rudal itu jatuh di Polandia dan oleh siapa.

Dengan Polandia sebagai anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), serangan terhadap negara tersebut dapat menjadi titik balik baru dalam konflik Rusia-Ukraina, tergantung pada apa yang sebenarnya terjadi.

Meskipun pihak berwenang Polandia masih menyelidiki sumber rudal dan penyebab ledakan, berita insiden tersebut dengan cepat memicu spekulasi tentang Pasal 5 NATO.

Disebutkan bahwa serangan bersenjata terhadap anggota NATO akan dianggap sebagai serangan terhadap seluruh blok dan kemudian dapat dipertimbangkan oleh NATO untuk menanggapinya.

Pejabat AS dan Eropa pada malam 15 November (waktu setempat) mengumumkan bahwa mereka masih mengumpulkan informasi dan berkomunikasi dengan sekutu.

Secara teori, serangan Rusia ke Polandia (jika ada) dapat menyebabkan NATO memicu Pasal 5.

Namun, menurut Miriam Berger dan Sammy Westfall dari The Washington Post, kemungkinannya jauh lebih tinggi. NATO hanya akan memicu Pasal 4.

Pasal 4 memungkinkan anggota untuk menyampaikan kekhawatiran apa pun, terutama tentang keamanan, kepada seluruh blok untuk bertemu di Dewan Atlantik Utara (NAC), badan pembuat keputusan politik NATO.

Langkah ini akan menciptakan kondisi bagi anggota untuk fokus pada konsultasi, bertukar pandangan dan informasi, sehingga menetapkan langkah selanjutnya.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengadakan pertemuan darurat dengan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional pada 15 November.

Baca Juga: Bikin Seisi Dunia Panik, Rudal Rusia Jatuh dan Meledak di Polandia, NATO Langsung Lakukan Ini