Find Us On Social Media :

Soal PPKN Kelas XII: Contoh-contoh Perilaku yang Menunjukkan Ketidakpatuhan terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

By Khaerunisa, Kamis, 10 November 2022 | 16:10 WIB

Ilustrasi contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Intisari-Online.com - Berikut ini contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Pertanyaan mengenai contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat ada di halaman 68 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII kurikulum 2013.

Sebelumnya pada bab 2 buku tersebut, dipelajari mengenai perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia.

Mengenai hakikat perlindungan dan penegakan hukum, dijelaskan bahwa hukum dapat secara efektif menjalankan fungsinya untuk melindungi kepentingan manusia, apabila ditegakkan.

Kepentingan setiap orang akan terlindungi apabila hukum yang mengaturnya dilaksanakan baik oleh masyarakat ataupun aparat penegak hukum.

Namun, sayangnya pelanggaran hukum tetap kerap terjadi di sekitar kita.

Pelanggaran hukum disebut juga perbuatan melawan hukum, yaitu tindakan seseorang yang tidak sesuai atau bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku.

Dengan kata lain, pelanggaran hukum merupakan pengingkaran terhadap kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh peraturan atau hukum yang berlaku.

Pelanggaran hukum merupakan bentuk ketidakpatuhan terhadap hukum.

Lalu, apa saja contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat?

Berikut ini di antaranya:

- orang tua menyakiti atau menganiaya anak;