Find Us On Social Media :

Ini Dia, Tips Untuk Tetap Aktif Bagi Kita yang Kerja Kantoran

By Ilham Pradipta M., Kamis, 12 Mei 2016 | 13:30 WIB

Ini Dia, Tips Untuk Tetap Aktif Bagi Kita yang Kerja Kantoran

Intisari-Online.com – Aktif secara fisik senantiasa kita butuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Masalahnya, kita yang kerja kantoran kerap harus duduk sepanjang hari. Keaktifan tubuh pun menjadi barang langka. Tapi, sebenarnya kita bisa ‘mengakali’ kondisi itu. Nah, ini dia cara untuk tetap aktif bergerak demi menjaga kebugaran tubuh.

1. Berjalan lebih cepatBerjalan dapat menjadi satu kegiatan yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh kita. Apalagi bila hal itu dilakukan secara lebih cepat. Sederhana saja, kita bisa berjalan lebih cepat bila ingin ke tempat parkir atau pergi ketempat makan saat waktu istirahat.

Menurut penelitian, berjalan lebih cepat dapat membakar banyak kalori dan memperkuat otot-otot kaki. Selain itu, jalan cepat juga bagus untuk jantung dan paru-paru kita. Jadi, cobalah kebiasaan sederhana ini.

2. Menggunakan tanggaDengan menaiki tangga tubuh dapat membakar kalori lebih cepat. Ia juga bisa menurunkan enam kilogram tubuh kita dalam satu tahun. Pada kenyataannya, menaiki tangga selama dua menit dalam lima hari, khasiatnya sama saja dengan berjalan kaki selama 36 menit.

3. Lebih aktif saat menunggu makananDi tempat kerja atau di rumah, biasanya kita menghabiskan waktu 30 sampai 60 menit untuk menunggu hingga menghabiskan makanan. Padahal, makan setidaknya hanya membutuhkan waktu sepuluh menit. Nah, cobalah membagi waktu itu untuk berjalan daripada sekadar duduk pada sebuah kursi.

4. Berbica sambil berdiriSederhana saja, ketika kita menerima telepon, cobalah berbica dengan orang di seberang sana sambil berdiri. Hal itu tentu lebih baik daripada kita mengobrol di telepon dengan posisi duduk.

5. Diskusi sambil berjalanBiasanya kita akan menggunakan ruang rapat untuk berdiskusi dengan rekan kerja. Nah, cobalah untuk mengubah kebiasaan itu. Kita sebenarnya bisa berdiskusi dengannya sambil berjalan. Bila perlu, bawalah buku catatan untuk menulis hasil diskusi tersebut.

(Rd.com)