Find Us On Social Media :

Soal PPKN Kelas XII Kurikulum 13: Mengapa Terjadi Pelanggaran Hukum?

By Khaerunisa, Minggu, 6 November 2022 | 20:05 WIB

Ilustrasi. Mengapa terjadi pelanggaran hukum.

Intisari-Online.com - Soal PPKN Kelas XII, mengapa terjadi pelanggaran hukum?

Pertanyaan 'Mengapa terjadi pelanggaran hukum?' terdapat pada halaman 68 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 12 Kurikulum 2013.

Dalam buku tersebut, mengenai pelanggaran hukum dijelaskan mulai halaman 50.

Pelanggaran hukum disebut juga perbuatan melawan hukum, yaitu tindakan seseorang yang tidak sesuai atau bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku.

Dengan kata lain, pelanggaran hukum merupakan pengingkaran terhadap kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh peraturan atau hukum yang berlaku.

Misalnya, kasus pembunuhan merupakan pengingkaran terhadap kewajiban untuk menghormati hak hidup orang lain.

Dalam pembahasan sebelumnya, dibahas mengenai hakikat perlindungan dan penegakan hukum.

Dijelaskan bahwa hukum dapat secara efektif menjalankan fungsinya untuk melindungi kepentingan manusia, apabila ditegakkan.

Menurut Andi Hamzah, perlindungan hukum dimaknai sebagai daya upaya yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang maupun lembaga pemerintah dan swasta yang bertujuan mengusahakan pengamanan, penguasaan dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi yang ada.

Makna tersebut tidak terlepas dari fungsi hukum itu sendiri, yaitu untuk melindungi kepentingan manusia.

Dengan kata lain hukum memberikan perlindungan kepada manusia dalam memenuhi berbagai macam kepentingannya, dengan syarat manusia juga harus melindungi kepentingan orang lain.

Kepentingan setiap orang akan terlindungi apabila hukum yang mengaturnya dilaksanakan baik oleh masyarakat ataupun aparat penegak hukum.