Find Us On Social Media :

Ini Dia, Tips Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

By Ilham Pradipta M., Kamis, 19 Mei 2016 | 09:30 WIB

Ini Dia, Tips Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Intisari-Online.com – Sarapan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan serat dalam diet kita. Melalui sarapan kita juga bisa memenuhi kebutuhan energi untuk menjalankan aktivitas. Tapi, untuk penderita diabetes, sarapan punya aturannya sendiri. Nah, berikut tips sarapan bagi penderita diabetes.

1.Jangan melewati sarapanMeskipun gula darah Anda tinggi di pagi hari, bukan berarti Anda harus melewatkan sarapan. Dengan sarapan, kita bisa mencegah lemak dan kalori yang tinggi dari makan berlebih di siang hari. Cobalah untuk sarapan pada waktu yang sama tiap harinya. Tujuannya agar gula darah tetap terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi karbohidrat sehat pada menu sarapan Anda.

2. Sarapan di rumahRestoran memang selalu menggoda nafsu makan kita. Tapi, cobalah untuk selalu membuat dan menyantap sarapan di rumah. Dengan begitu, kita tentu akan mengetahui asupakan kalori dan nutrisi yang terkandung dalam menu sarapan kita. Alhasil, sarapan akan lebih menyehatkan.

Contohnya, kita bisa membuat roti bagel dan krim keju yang mengandung 67 gram karbohidrat, 450 kalori, dan 9 gram lemak sehat. Atau secangkir susu bebas lemak yang berisi 12 gram karbohidrat, 195 kalori, dan 3 gram lemak sehat.

3. Kombinasikan sereal dengan buahMenurut sebuah studi, orang yang secara teratur mengonsumsi sereal gandum, memiliki berat badan yang lebih ringan dibandingkan kelompok yang tidak melakukannya. Dengan 5 gram serat dalam satu porsi sereal yang dikombinasikan dengan buah segar, akan membuat makanan itu lebih ramah bagi penderita diabetes. Misalnya, mengombinasikan buah stroberi atau blueberry pada sereal yang akan kita konsumsi.

4. Mengonsumsi oatmeal beberapa kali dalam semingguOatmeal adalah salah satu menu sarapan yang baik bagi penderita diabetes. Ia mengandung 4 gram serat percangkir yang bisa menjaga kadar gula dalam darah. Menurut sebuah penelitian, secangkir oatmeal yang dikonsumsi lima kali dalam seminggu, dapat menurunkan 39 persen risiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Oatmeal juga dapat mencegah penderita diabetes untuk makan berlebih. Studi menemukan kalau orang yang makan oatmeal di pagi hari, akan mengonsumsi 30 persen kalori lebih sedikit pada siang harinya.

(Rd.com)