Find Us On Social Media :

Penjelasan Komoditas Apa yang Menarik Bagi Kaum Pedagang untuk Mendatangi Pelabuhan yang Ada di Kepulauan Indonesia

By Khaerunisa, Selasa, 1 November 2022 | 20:00 WIB

Ilustrasi. komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di kepulauan Indonesia.

Intisari-Online.com - Berikut ini penjelasan mengenai komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di kepulauan Indonesia.

Pertanyaan komoditas apa yang menarik kaum pedagang mendatangi pelabuhan di Kepulauan Indonesia ada di halaman 156 Buku Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum 2013.

Dalam buku yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan tersebut dibahas mengenai terbentuknya jaringan Nusantara melalui perdagangan.

Penjelasan mengenai terbentuknya jaringan Nusantara melalui perdagangan dimulai pada halaman 151.

Dalam pembahasan tersebut, dijelaskan menganai komoditas apa yang menarik bagi para pedagang dan dipertukarkan di Kepulauan Indonesia.

Pada masa perkembangan Hindu-Buddha di Nusantara, terdapat dua kekuatan peradaban besar, yaitu Cina di utara dan India di bagian barat daya.

Keduanya merupakan dua kekuatan super power pada masanya dan mempunyai pengaruh amat besar terhadap penduduk di Kepulauan Indonesia.

Peralihan rute perdagangan dunia saat itu, bagaimanapun, telah membawa berkah tersendiri bagi masyarakat dan suku bangsa di Nusantara.

Mereka secara langsung terintegrasi ke dalam jaringan perdagangan dunia pada masa itu.

Selat Malaka menjadi penting sebagai pintu gerbang yang menghubungkanantara pedagang-pedagang Cina dan pedagang-pedagang India.

Pada masa itu, Selat Malaka merupakan jalur penting dalam pelayaran dan perdagangan bagi pedagang yang melintasi bandar-bandar penting di sekitar Samudra Indonesia dan Teluk Persia.

Selat ini merupakan jalan laut yang menghubungkan Arab dan India disebelah barat laut Nusantara, dan dengan Cina di sebelah timur laut Nusantara.