Find Us On Social Media :

Cobalah Enam Hal ini Bila Ingin Meningkatkan Konsentrasi

By Ilham Pradipta M., Rabu, 8 Juni 2016 | 14:20 WIB

Cobalah Enam Hal ini Bila Ingin Meningkatkan Konsentrasi

Intisari-Online.com – Melatih pikiran untuk lebih berkonsentrasi pada suatu hal memang gampang-gampang susah. Hal ini juga akan semakin sulit bila stres dan gangguan lain melanda pikiran kita. Terlepas dari kemampuan fokus setiap orang yang berbeda-beda, sebenarnya ada cara untuk meningkatkan konsentrasi kita. Ingin tahu? Berikut selengkapnya.

1.Prioritaskan tugasMemiliki perencanaan dan memprioritaskan tugas-tugas akan membuat pekerjaan jadi terorganisir. Kalau sudah begitu, stres pun enggan datang. Lalu, kita juga harus pintar untuk memanajemen waktu agar konsentrasi dapat meningkat.

Contohnya, kita bisa mengerjakan tugas mulai dari yang tersulit atau tidak menyenangkan. Alasannya sederhana. Kita akan lebih berkonsentrasi pada hari-hari berikutnya, bila tugas sulit itu telah diselesaikan.

2. IstirahatKetika konsentrasi makin menurun, tidak ada jalan lain untuk meningkatkannya selain istirahat. Studi mengungkapkan kalau tidur memiliki dampak besar pada proses belajar dan memori (kemampuan mengingat).

Itulah sebabnya mengapa kurang tidur membuat kita sulit untuk berkonsentasi dan  fokus pada suatu pekerjaan. Jadi, cobalah istirahat sejenak bila konsentrasi makin menurun.

3. Hindari gangguan dari luarDengan menghindari gangguan tentu konsentrasi dapat meningkat. Caranya mudah saja. Kita bisa mendengarkan musik untuk meredam berbagai gangguan. Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat ‘menenggelamkan’ suara-suara lain dan membuat kita jadi lebih fokus.

4. MeditasiNah, cara ini telah terbukti dapat menjernihkan pikiran kita. Meditasi benar-benar dapat membantu kita untuk lebih berkonsentrasi. Alhasil, pekerjaan pun dapat dilalui dengan lancar. Selain itu, meditasi juga dapat meningkatkan kemampuan memori di kepala kita.

5. MinumJangan pernah menyepelekan dehidrasi. Kurang cairan dapat membuat kita merasa lelah, lemah, lambat, dan tidak sulit fokus. Nah, dengan mengonsumsi air mineral yang cukup, tubuh akan terjaga dari ancaman dehidrasi.

6. OlahragaOlahraga dan latihan fisik tak hanya sekadar bermanfaat pada fisik saja. Selain mengurangi risiko berbagai penyakit, olahraga juga terbukti dapat meningkatkan konsentrasi. Kalau sudah begitu, produktivitas pun akan meningkat.

Menurut penelitian, rutin berolahraga dapat mengeluarkan berbagai zat kimia di otak, yang bisa meningkatkan kemampuan fokus serta ketajaman mental.

(theactivetimes.com)