Find Us On Social Media :

5 Keuntungan Berhenti Menghitung Jumlah Kalori yang Diasup

By Ade Sulaeman, Senin, 13 Juni 2016 | 06:00 WIB

5 Keuntungan Berhenti Menghitung Jumlah Kalori yang Diasup

Intisari-Online.com - Mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan kadang disibukkan oleh aktivitas menghitung kalori saat akan memilih makanan. Padahal, ada banyak keuntungan yang justru dapat diperoleh jika mereka berhenti menghitung jumlah kalori yang mereka asup.

Ketika spesialis Lily Nichols, R.D., membuat tulisan untuk mendapat gelar ahli gizi, menghitung kalori adalah salah satu tugas paling tidak favorit.

"Semakin saya menghitung kalori, semakin saya kurang memerhatikan makanan di depan saya. Rasanya seperti melihat sebuah laporan keuangan di piring."

Sekarang, Nichols aktif mendorong kliennya untuk berhenti menghitung kalori dan hanya fokus pada makanan di depan mata.

Selain meminimalkan gangguan saat makan malam, berhenti menghitung kalori memiliki lima manfaat lain yaitu:

1. Anda Tidak Lagi Stres

Ketika Anda berhenti mengawasi kalori, dorongan ngemil akan hilang. Dengan memerhatikan makanan yang ada di piring Anda, kemungkinan besar Anda juga akan melihat rasa, aroma, warna, tekstur, dan suhu makanan tersebut, kata spesialis gizi Wendy Bazilian, R.D.

Fokus pada faktor-faktor ini akan membuat Anda lebih sadar akan tubuh Anda, sehingga Anda lebih bisa mengendalikan porsi dan jenis makanan yang Anda makan.

2. Acara Makan Jadi Menyenangkan Lagi

Hidup ini sudah cukup berat tanpa Anda harus terus menghitung kalori. Ketika Anda fokus memilih jenis makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam seperti kacang-kacangan, bumbu, rempah-rempah, dan protein tanpa lemak, bukannya pada berapa banyak kalori yang di kandungnya, Anda akan merasa lebih gembira.

Dan ketika otak Anda tidak stres, usus Anda tenang, juga, kata Bazilian. Anda akan lebih bisa memilih makanan sehat yang juga nikmat dan hal ini akan bertahan lebih lama, ketimbang Anda memaksakan diri makan sehat tapi sambil stres.

3. Anda Akan Kehilangan Berat Badan