Find Us On Social Media :

Kelebihan Vitamin A, Salah Satu Penyebab Kerontokan Rambut

By Ilham Pradipta M., Senin, 27 Juni 2016 | 06:30 WIB

Kelebihan Vitamin A, Salah Satu Penyebab Kerontokan Rambut

Intisari-Online.com – Banyak orang mengeluh kalau rambutnya makin hari makin menipis. Kerontokan rambut ini bisa terjadi pada wanita maupun pria. Dalam banyak kasus, terdapat beberapa cara untuk mengobati kerontokan rambut. Tapi, tergantung dari penyebabnya. Nah, sebelum mengetahui lebih jauh cara pengobatannya, penting untuk kita mengenal penyebabnya. Berikut penjelasannya.

1. Stres fisikApapun trauma fisik, baik operasi, kecelakaan, penyakit yang parah, maupun flu, dapat menyebab kerontokan sementara. Sebenarnya, rambut memiliki siklus kehidupan. Yaitu, fase pertumbuhan, istirahat, dan rontok. Menurut Marc Glashofer, MD,  dermatologist di New York City, stres fisik bisa mengacaukan siklus rambut. Biasanya, kerontokan ini akan terjadi setelah tiga sampai enam bulan setelah trauma. 2. KehamilanKehamilan juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Kerontokan akibat kehamilan lebih sering terjadi setelah melahirkan daripada masa-masa kehamilan. Glashofer mengatakan, kalau kehamilan juga termasuk jenis stres fisik. “Melahirkan cukup traumatis,” katanya.

3. Kelebihan vitamin AKelebihan vitamin A yang disebabkan oleh suplemen atau obat-obatan, dapat memicu kerontokan rambut. Menurut American Academy of Dermatology, nilai harian untuk vitamin A adalah 5.000  International Units (IU) perhari untuk orang dewasa. Nah, suplemen sendiri mengandung 2.500 hingga 10.000 IU. Jadi, konsumsilah suplemen kita sesuai kebutuhan. Sesuatu yang berlebihan memang tak baik, bukan?

4. Kekurangan proteinAmerican Academy of Dermatology mengungkapkan, jika kita tidak mendapatkan cukup protein, hal ini mungkin akan mengakibatkan matinya pertumbuhan rambut. Kondisi ini bisa terjadi sekitar dua sampai tiga bulan setelah penurunan asupan protein. Oleh karena itu, konsumsilah makanan berprotein seperti ikan, daging, dan telur.

5.  AnemiaHampir satu dari 10 perempuan di usia 20 hingga 49, menderita anemia karena kekurangan zat besi. Nah, kondisi inilah yang juga bisa menyebabkan rambut rontok. Biasanya, dokter akan melakukan tes darah untuk menentukan dengan pasti anemia jenis apa yang kita miliki.

Untuk memulihkan diri dari anemia, kita bisa mengonsumsi suplemen sebagai alternatifnya. Perlu kita ketahui, kelelahan, sakit kepala, pusing, kulit pucat, dan tangan serta kaki yang dingin, merupakan gejala lain dari anemia.

(Health.com/Amanda Gardner)