Find Us On Social Media :

Pangeran Philip Bukan Raja, Mengapa Camilla Dinobatkan Sebagai Ratu pada Penobatan Raja Charles III?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:10 WIB

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Intisari-Online.comCamilla akan dinobatkan sebagai Ratu Permaisuri selama upacara penobatan suaminya, Raja Charles III, tetapi Pangeran Philip tidak diberi gelar raja ketika Elizabeth II naik takhta.

Mengapa bisa demikian?

Penobatan Raja Charles III akan berlangsung pada bulan Mei tahun depan, yang akan mengantarkan era baru bagi Inggris dan monarkinya.

Camilla, istri Raja Charles III, juga akan diurapi dan dinobatkan sebagai Ratu Permaisuri dalam upacara di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023.

Permaisuri terakhir adalah Elizabeth, Ibu Suri, yang memegang gelar itu sementara suaminya, Raja George VI berada di atas takhta dari tahun 1936 hingga kematiannya pada tahun 1952.

Pada saat itu, anak tertua George, Elizabeth, lalu menjadi Ratu Inggris.

Namun, ketika penobatan resmi Ratu Elizabeth II terjadi pada tahun berikutnya, sang suami, Pangeran Philip, tidak dimahkotai atau diberi gelar Raja Permaisuri.

Apa alasan yang mendasari hal tersebut?

Rupanya dalam tradisi kerajaan dan hukum umum menyatakan bahwa istri raja dikenal sebagai Ratu Permaisuri, suami dari ratu hanya dikenal sebagai Pangeran Permaisuri.

Galar ratu dapat berarti ‘raja wanita’ atau ‘istri raja’, tetapi gelar raja hanya dapat merujuk pada raja yang memerintah.

Suami seorang Ratu tidak pernah menyandang gelar Raja dalam sejarah Inggris.

Pangeran Philip sendiri adalah orang pertama yang setia kepada Ratu setelah penobatannya pada tahun 1953, melansir OK!